Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mencap Dengan Cat Air

Nur Aini Afifah Azizah, Evy Fitria, Dinda Afifah Salsabilla, Wilda Tazqiyah

Abstract


Kreativitas menjadi aspek penting yang perlu distimulus sejak anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan mengecap menggunakan cat air. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berbentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 siswa di RA Fadlurrohman. Hasil penelitian menujukkan bahwa program pengembangan kreativitas yang dilakukan dapat meningkatkan kebebasan anak berekspresi dalam mengkombinasikan warna sesuai kreativitasnya. Adapun kendala yang ditemui berupa kurangnya stimulasi, imajinasi anak yang belum maksimal serta keterbatasan alat. Untuk itu, program pengembangkan kreativitas ini perlu dipersiapkan dengan matang untuk memperoleh hasil yang optimal dalam menunjang kreativitas anak. Maka diharapkan guru dapat secara kontinu melatih pengembangan kreativitas melalui kegiatan bervariatif lainnya.

Keywords


Cat Air; Kreativitas; Mengecap

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.

Gussevi, S., Maulani, M., & Muhfi, N. A. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Pola Asuh Anak Wanita Karir di Perum Citra Permata Sakinah Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.03

Hadiyati, E. (2012). Kreativitas dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(3), 135–151.

Haprabu, E. S., Sudarsono, S., & Purna, P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Pada Anak (Studi kasus kelurahan Paminggir di RT 05). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 675. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1052

Hartini, K. D., & Parid, M. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28–42.

Kurniawati, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Hubbulwattan Duri. GUAU : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 117–136. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/vie w29/29

Lestari, K., Harun, H., & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1951–1959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1014

Lestiawati, I. ., Wiranata, I. G. ., & Astuti, A.(2023). Pengembangan Permainan “Magic Box Kolaboratif” Berbasis Konsep Tri Hita Karana. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.35-48

Nursehah, U., & Rahmadini, R. (2021). Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sdit Enter Kota Serang. Jurnal Pendidikan, 2(01), 73–82.

Rahman, H. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Saleh, L. (2022). Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Jari Pada Anak Kelompok B di RA Aisyiyah Bau-Bau. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 1–7.

Sartika, T., Annurahman, & Lukmanulhakim. (2022). Peran Guru untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Media Alam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(10), 2546–2553. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.59187

Sholehah, A. M., Hibana, H., Na’imah, N., & Rahma, A. (2022). Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5003–5017. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2804

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto, & Jatmikowati, T. E. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2.

WulanPitri, Y. A., & Hazizah, N. (2021). Pelaksanaan Seni Lukis Mengecap Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Di Tk Kartika 1-69 Sijunjung. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 268-281. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.567




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10551

Article Metrics

Abstract - 244 PDF - 103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats