Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Shofiyatun Niswah, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini. Perkembangan sosial-emosional berperan penting dalam interaksi anak dengan lingkungan, menumbuhkan rasa percaya diri, dan kemampuan mengelola emosi. Pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dapat menstimulasi perkembangan sosial-emosional mereka melalui lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Insan Madani dengan subjek 28 anak dan 1 guru kelas Arrohman Arrohim. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak. Anak-anak diberikan kebebasan memilih kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka, sehingga belajar dengan rasa senang, nyaman, dan tanpa paksaan. Peningkatan kemampuan sosial-emosional anak terlihat dari kemampuan mereka untuk bekerjasama, sabar mengantri, bertanggung jawab, disiplin, toleran, dan mampu bersosialisasi dengan baik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak usia dini.

Keywords


AUD; Kemampuan Sosial-Emosional; Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Dewi, M. C., & Reza, M. (2020). Perbedaan model pembelajaran sentra dan model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan problem solving pada anak. Jurnal PAUD Teratai, 1(9), 1-10.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Firmansyah, F. (2021). Perkembangan Perkembangan Sosial Emosional Dan Kreativitas Anak Usia Dasar. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 127-140.

Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265-276. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020

Hijriati, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 74-92. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2046

Kaput, K. (2018). Evidence for Student-Centered Learning. Education evolving.

Khairiah, D. (2018). Assesmen perkembangan sosio-emosional anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 1-22.

Khaironi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 4(02), 261-266. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2272

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8

Maslihah, M., & Rachmi, T. (2018). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Kegiatan Menyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun Di RA Tarbiatul Umi Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 26-36. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v7i1.561

Muhassanah, N., Rizal, M. N., & Ali, M. (2023). Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Berpusat Pada Murid Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 77-88.

Munawar, M. (2022). Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65-72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390

Musringati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas. STKIP Siliwangi Bandung.

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179-188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1-25. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan interaksi sosial dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui permainan congklak pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125-137. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1146

Nursih, B., Rahmaningrum, A., Nurifati, N., Fatimah, S., Farijah, D., & Mashar, R. (2024). Penerapan Kegiatan Bercocok Tanam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 1(1), 7-16.

Rachmi, T., & Urpiah, S. (2020). Penerapan Bermain Bebas Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. Mekarjaya Kec. Sepatan Kab. Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 22-29. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2856

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature review: pembelajaran berdiferensiasi di sekolah menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 15-26. https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.17

Suryana, D. (2014). Dasar-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yuliati, C., Wulan, S., & Hapidin, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 969-980. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.567

Yuniatari, Y. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok, Sudut, Area, dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 35-57. https://doi.org/10.20414/iek.v2i02.2891




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.10557

Article Metrics

Abstract - 90 PDF - 22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats