Analisis Kompetensi Kepribadian Guru KB Ditinjau Dari Penggunaan Media Sosial

Nur Imanah, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Secara umum guru PAUD berperan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan disuatu lembaga PAUD. Penelitian ini membahas penggunaan media sosial terhadap kompetensi kepribadian guru di KB Mutiara Karanggondang dengan indikator: 1) Guru memiliki perilaku sesuai dengan nilai norma yang ada; 2) Guru dapat menunjukkan diri sebagai seseorang yang jujur, berakhlak mulia, dan dapat menjadi teladan bagi anak usia dini dan masyarakat sekitar; 3). Guru dapat menunjukkan diri sebagai seseorang yang mantap, stabil, dewasa, arif, bijaksana dan berwibawa; 4) Mempunyai sikap tanggung jawab, etos kerja yang tinggi, serta mempunyai rasa percaya diri dan bangga menjadi guru PAUD; dan 5) Guru menjunjung tinggi kode etik sebagai guru PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di KB Mutiara Karanggondang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi kepribadian guru di KB Mutiara Karanggondang dalam membantu guru saat pembelajaran berlangsung.


Keywords


Kompetensi Kepribadian Guru; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O., & Ali, HR (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Internasional Pendidikan dan Pembelajaran Digital (IJEDL), 1 (1), 5-12. https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Damanik, M. A., & Suryani, S. A. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru Di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan. Hijri, 9(1), 87-97.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi aksara.

Fuadi, A. (2020). Keragaman dalam dinamika sosial budaya kompetensi sosial kultural perekat bangsa. Yogyakarta: Deepublish.

Gade, S. (2015). Kode etik pendidik menurut Ibnu Jama’ah. Jurnal Pencerahan, 9(1). 23–36.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.

Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.

Kheruniah, A. E. (2013). A teacher personality competence contribution to a student study motivation and discipline to fiqh lesson. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(2), 108-112.

Mushthafa, A. R., & Mulyani, D. (2023). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru PAUD untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak 5-6 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 49-54.

Pane, A., & Nailatsani, F. (2022). Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam. Forum Paedagogik, 13(1), 24-38.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Sukabumi: CV Jejak (JejakPublisher).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan PAUD.

Pujiono, A (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1),1-19.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(3), 229-238.

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.

Sembiring, Y. A., & Khoiri, Q. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Digital Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 3(3), 206-217.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179.

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2023). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345-354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10565

Article Metrics

Abstract - 141 PDF - 79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats