Dampak Lagu Jawa Koplo terhadap Aspek Unggah-Ungguh AUD di Desa Pekalongan Anak Usia 4-6 Tahun

Najma Ihda Rahma, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Lagu Jawa koplo menjadi faktor kerusakan pada aspek unggah-ungguh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak lagu Jawa koplo terhadap aspek unggah-ungguh anak. Pemlihan topik penelitian tersebut karena lagu Jawa koplo merupakan salah satu media yang sangat digemari oleh anak. Selain itu memiliki potensi yang berdampak negatif terhadap aspek unggah-ungguh anak, terutama dalam hal penggunaan bahasa dan perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lagu Jawa koplo memiliki dampak negatif terhadap aspek unggah-ungguh anak, terutama dalam hal bahasa dan perilaku. Penggunaan bahasa anak yang mendengarkan lagu Jawa koplo cenderung lebih kasar dan tidak sopan. Disarankan agar orang tua lebih selektif dalam memilih lagu Jawa koplo yang akan didengarkan oleh anak. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan edukasi kepada anak tentang pentingnya menjaga unggah-ungguh dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Lagu Jawa Koplo; Unggah-Ungguh

Full Text:

PDF

References


Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women's Health, 4(1), 46-55. https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/104

Chairunnisa, C. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Bayi Dan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125-137. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13964

Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa jawa krama anak usia dini. In Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial (Vol. 291, 117-122).

Herdyansyah, D. E., Dewi, R. K., Afriani, K., Zulfa, S. A., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2019) Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 1, A1D118009. http://www.academia.edu/37888859/

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.

Nida, k. (2020). Pergeseran Nilai Unggah-Ungguh Oleh Generasi Muda Dalam Masyarakat Jawa (Studi Kasus Masyarakat Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Sosial Budaya, 17(01), 50-55.

Pangastuti, D. (2016). Pengaruh Musik Dangdut Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di TK Dharma Wanita Madiun 2014/2015. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas? (Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19.

Priyatiningsih, N. (2019). Tingkat Tutur Sebagai Sarana Pembentukan Pendidikan Karakter. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 1(1), 47-63.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Repository UIN Malang.

Rahmanda, N. T. (2018). Perkembangan dan Dampak Musik Dangdut Koplo bagi Remaja di Desa Pendooharjo Bantul. (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Salnita, Y. (2019). Language Acquisition for Early Childhood. Obsesi, 3(1).

Setyawan, A., Sidhartani, S., & Putri, (2023). Edukasi Etika bagi Anak melalui Perancangan Buku Cergam Adat Unggah-Ungguh dalam Budaya Jawa. Cipta, 02(1), 55-59.

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87-103.

Wibawa, S. (1990). Faktor-Faktor Sosiollnguistik Dalam Pengajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Windarti, N. (2012). Kamus Basa Jawa. Jakarta: Pustaka Widyatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10695

Article Metrics

Abstract - 123 PDF - 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats