Upaya Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Melalui Program Layanan PAUD Holistik Integratif

Emiliana Umi Erifkha, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) merupakan pendekatan terpadu yang mengintegrasikan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, termasuk layanan kesehatan, gizi, perawatan, pendidikan, dan perlindungan. Penelitian ini dilakukan di KB LABSCHOOL UNISNU Jepara dengan menggunakan metode kualitatif, melibatkan kepala sekolah, guru kelas, dan guru pendamping sebagai sumber data utama. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB LABSCHOOL UNISNU Jepara telah mengimplementasikan layanan PAUD HI secara sistematis melalui empat layanan utama: pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, serta perlindungan anak. Berbagai kegiatan seperti parenting class, pemeriksaan kesehatan, cooking class, pemberian makanan tambahan, dan outing class telah rutin dilaksanakan untuk mendukung perkembangan holistik anak. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi PAUD HI di KB LABSCHOOL UNISNU Jepara berhasil menciptakan lembaga PAUD yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan esensial anak secara menyeluruh.

Keywords


PAUD Holistik Integratif; Pemenuhan Hak AUD

Full Text:

PDF

References


Aida, W. N., Widyastuti, N., & Afandy, A. (2022). Pengaruh Pendampingan Orang Tua dalam Menggosok Gigi terhadap Skor OHIS pada Anak Usia 6-7 Tahun. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 21(2), 21–25. https://doi.org/https://doi.org/10.32382/mkg.v21i2.3134

Asmawati, L., Karyati, A., Azmi, U., Maryana, M., Masniah, M., Badriah, S., & Isnayati, I. (2022). Implementasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Anak Usia 4-6 Tahun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 284–291. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.11481

Dewi, A. P. (2022). Peran Pendidik Dalam Pemeliharaan Kesehatan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 5(1), 98–102.

Djollong, A. F., Sari, A., Junizar, J., Pramanik, N. D., Kustanti, R., & Lubis, A. A. Z. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Panduan Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fhatri, Z., Haryanti, D., Susanto, A., Kiswanto, H., Naroh, W., & Wilandari, W. (2024). Pembelajaran Outing Class Melalui Kegiatan Fun Cooking dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 556–572. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12752

Hafidzoh, H. L. (2022). Pemenuhan hak pendidikan dan pengasuhan anak usia dini pada PAUD Holistik Integratif (PAUD-HI) di TK Negeri 1 Pembina Mojosari. Universitas Islam Negeri Sultan Ampel Surabaya.

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Marlina, S., & Pransiska, R. (2018). Pengembangan Pendidikan Seks di Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.2.2.1-12

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd Edition). Sage Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Mutia. (2023). Implementasi Metode Karya Wisata Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di PAUD Buah Delima Desa Sabang Kabupaten Tolitoli. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

Nisa, S. H. (2023). Analisis Efektivitas Peran Guru Dalam Membangun Proses Eksplorasi Anak Di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh Orchard Georgetown Penang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 78–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9930

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai Kurikulum 2013). Nizamia Learning Center.

Nurjaman, I., & Monica, D. A. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Selama Masa Covid-19 di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 9–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4011

Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995

Prakasiwi, S. I., Rahmawati, A., & Istiana, S. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang Detekesi Dini Tumbuh Kembang Balita Pada Orangtua di Posyandu Melati Ledok Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 2(2), 44–49. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jpmk.v2i2.5948

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi pembelajaran outing class guna meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826

Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.24260

Salabi, A. (2015). Kekerasan Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan. Muadalah, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jsga.v3i1.628

Sopian, A., Hariyanto, I. T., Elviana, A., & Mila Yusnita. (2021). Pendampingan Keluarga Bagi Keluarga Baduta dan Balita (Modul 5). Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model pembelajaran holistik integratif di paud untuk mengembangkan potensi dasar anak usia dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35–50. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170

Widyastiti, M. (2018). Partisipasi orang tua dalam pengembangan paud holistik integratif di TK Negeri Semin. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13083




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.11197

Article Metrics

Abstract - 1739 PDF - 1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats