Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis-Matematis

Risnawati Risnawati, Friska Nur Fatimah, Hafifah Batubara, Masganti Sit

Abstract


Kecerdasan logis-matematis merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan angka, pola dan hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini. Penelitian dilakukan di TK IT Nurul Ilmi dengan subjek penelitian ini 1 orang guru kelas sentra balok, 1 guru wali kelas, dan 14 anak usia dini yang belajar di kelas sentra balok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai strategi yang digunakan oleh guru. Observasi untuk mengamati bagaimana perkembangan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini. Dokumentasi menjadi salah satu bukti konkret dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kecerdasan logis-matematis, diantaranya strategi langsung, tidak langsung, dan kelompok. Pemilihan strategi ini sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini karena dengan strategi yang tepat dapat menstimulasi kecerdasan logis-matematis anak sesuai dengan aktivitas pembelajaran dengan penemuan pola dan penemuan hubungan yang logis serta dipadukan dengan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan bagi anak.


Keywords


Strategi, Kecerdasan Logis-Matematis, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Andarini, D. (2024). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Salafiyah Moga I Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Semester I Tahun 2021/2022. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(1), 11-24. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol3.no12024pp11-24

Arisanti, F., Habiby, J. S., & Muttaqin, M. A. (2024). Penggunaan Teknologi Augmented dengan Pendekatan Studi Eksploratif Reality dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDIES, 4(1), 73-104. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.73-104

Astuti, E. B., Samsurijal, S., & Wahyuni, M. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Hafalan dan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7467-7480.

Daulay, N. (2015). Psikologi Kecerdasan Anak. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Gilano, F. S., Ningsih, S., Sodik, N. A. M., & Sumirat, E. M. (2024). Pengaruh Permainan Colored Wooden Blocks Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3), 335-353. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12425

Haloho, O. (2022). Strategi Guru dalam Pengembangan Logika Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1429-1434. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1063

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis pola asuh orang tua terhadap keterlambatan bicara pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913-922. 10.31004/obsesi.v4i2.456

Hendrianto, M. Y., & Afrianingsih, A. (2024). Analisis Berpikir Konstruktif Ditinjau dari Penerapan Sentra Balok Anak Usia 4-5 Tahun di KB Cendekia Bapangan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3), 281-299. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12561

Herawati, M. (2019). Karakteristik belajar anak usia dini dalam perspektif islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6379

Indaswari, N., Azmi, S., Novitasari, D., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 722-730. 10.29303/jipp.v6i4.329

Indriati, N. U. D. (2016). Instrumen Tes Kecerdasan Logika-Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 171-184. https://doi.org/10.21009/JPUD.101

Khadjiah, K. (2017). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: PERDANA PUBLISHING .

Maghfiroh, S., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemamapuan Berhitung Anak Kelompok B. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 29-39. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i1.1252

Milsan, A. L., & Wewe, M. (2018). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65-99.

Musrikah, M. (2017). Pengajaran matematika pada anak usia dini. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(1), 153-174. 10.21274/martabat.2017.1.1.153-174

Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. 10.31004/obsesi.v6i4.2410

Nindriyati, D. (2022). Hubungan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar Matematika. Instruksional, 3(2), 187-196. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.187-196

Sit, M. (2019). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk . Jakarta: Kencana.

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di tk negeri pembina. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 22-33.

Sunanik, S. (2014). Perkembangan Anak ditinjau dari Teori Konstruktivisme. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14-14. https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.491

Wardani, I. R. W., Zuani, M. I. P., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332-346. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.11451

Article Metrics

Abstract - 38 PDF - 20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats