Artificial Intelligence sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini

Ade Suryani, Loliyana Loliyana, Fatkhur Rohman, Sowiyah Sowiyah, Sugianto Sugianto, Siti Khomsiyati

Abstract


Tujuan pendidikan anak usia dini adalah mempersiapkan anak untuk menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Penelitian ini meneliti peran kecerdasan buatan (AI) sebagai media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini (PAUD), yang memiliki signifikansi dalam membangun dasar perkembangan anak secara menyeluruh. sesuai perkembangan pesat pada aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, serta moral anak, studi ini meneliti pemanfaatan kecerdasan sintesis (AI) buat membangun lingkungan belajar yg adaptif, interaktif, serta responsif terhadap kebutuhan individual anak. Penelitian ini menerapkan metode analisis naratif dengan pendekatan kualitatif terhadap berbagai artikel ilmiah, serta melibatkan pandangan asal pengajar, orang tua, serta anak-anak di lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI efektif dalam menyediakan pembelajaran personal, yang memungkinkan pengaturan tingkat kesulitan dan konten sesuai kebutuhan anak, mendukung keterampilan sosial dan meningkatkan motivasi belajar. Media seperti Kecerdasan Buatan (AI) dalam proses pembelajaran mencakup berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi atau materi ajar, serta berperan dalam merangsang pemikiran, perasaan, perhatian, dan kompetensi siswa dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang dipandu oleh pengajar. Dengan demikian, penggunaan animasi atau media lainnya sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan manfaat dalam cara pengajaran yang dilakukan oleh guru.


Keywords


Artificial Intelligence, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Candra, K. (2024). PEMBELAJARAN MASA DEPAN: Transformasi AI dan E-learning di Era Pendidikan Digital. Yogyakarta: Yayasan Sahabat Alam Rafflesia

Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63-80. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023

Hamdi, S. M. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 97-106. https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.224

Husamah, H. (2024). GO DIGITAL Variasi Penggunaan Media pada Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Profesi Guru

Isdayani, B., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714-723. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512

Istiana, Y. (2017). Konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90-98.

Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro kecamatan Golewa kabupaten Ngada Flores nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 253-258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44-56. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878

Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62-71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Nurjaman, I., & Debora, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN ANGKLUNG DI TK WIDYA BHAKTI. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 55-67. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7839

Perdana, G. A., dkk. (2024). Revolusi cerdas: membuka pintu menuju masa depan pendidikan dengan AI. Bengkulu: CV Brimedia Global.

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., Fitri, A. K., & Pratiwi, A. I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 490-500. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.911

Sanjaya, H. W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Saputra, A. B. (2023). Peran AI dalam Dunia Pendidikan. CV Brimedia Global.

Sari, D. L. (2024). Eksplorasi Cerita Rakyat Bengkulu Dalam Format Video 3d Berbantuan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 3(2), 108-117. https://doi.org/10.56855/intel.v3i2.1081

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic pop-up book as a learning media for early childhood language development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57.

Siswanto, R., Kusmawan, U., Sukmayadi, D., & Abidin, A. A. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran oleh Mahasiswa Calon Guru Universitas Terbuka. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 6(2), 143-155. https://doi.org/10.15642/japi.2024.6.2.144-153

Sudarna, S. (2014) Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: Genius Publizer

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryana, D. (2014). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis perkembangan anak. Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 2(1), 65-72.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Suryana, D., Dewi, A. C., & Ramdini, T. P. (2014). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik di Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Technical Report. PG-PAUD FIP UNP, Padang.

Suryana, D., Elina, E., Nurevi, N., & Ratnawilis, R. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Technical Report. PG-PAUD FIP UNP, Padang.

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Wati, A. M. F., Mustikasari, S., Rahayu, R. P., & Nurul, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Nuntoon Berbasis Artificial Intellengence untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak. Jurnal Riset Dan Penalaran Mahasiswa, 1(1).

Zubaedi, Z. (2017). Buku Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12176

Article Metrics

Abstract - 142 PDF - 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats