Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Anak Usia 5-7 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Bilangan Anak Usia 5-7 Tahun. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B RA ROSITA yang berjumlah 30 siswa dengan masing-masing kelas B1 15 siswa dan B2 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung lebih besar dari nilai ttabel adalah 5,320 sedangkan ttabel 1,701 sehingga menyebabkan hipotesis statistik diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman bilangan anak yang menggunakan media realia mempunyai perbedaan dibandingkan dengan anak yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Pada penelitian ini dapat dilihat perbedaan terhadap pemahaman bilangan anak dari 4,49% menjadi 6,20%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1234
Article Metrics
Abstract - 655 PDF - 526Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.