Penerapan Budaya Literasi Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Membaca pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan budaya literasi pada anak usia dini sebagai upaya untuk memotivasi belajar membaca, mengingat pentingnya literasi dasar dalam membentuk fondasi perkembangan anak yang holistik, meliputi aspek kognitif, sosial-emosional, dan motorik. Namun, rendahnya minat membaca di kalangan anak-anak Indonesia, disebabkan oleh kurangnya akses bahan bacaan menarik dan pengaruh media digital, menjadi tantangan utama yang perlu diatasi. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber pustaka yang relevan terkait budaya literasi pada anak usia dini. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengidentifikasi pola dan temuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode seperti membaca, mendongeng, menciptakan lingkungan literasi di rumah, dan penggunaan aplikasi edukatif berbasis digital dapat meningkatkan minat membaca anak. Secara keseluruhan, penerapan budaya literasi yang konsisten oleh orang tua dan pendidik dapat mendukung perkembangan literasi anak sejak usia dini, yang pada akhirnya akan berpengaruh positif terhadap keberhasilan pendidikan mereka di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifah, Z. (2018). Penguatan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini melalui “Gernas Baku”. Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, 14(27), 51-63.
Basyiroh, I. (2017). Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Cabell, S. Q., Zucker, T. A., DeCoster, J., Melo, C., Forston, L., & Hamre, B. (2019). Prekindergarten interactive book reading quality and children’s language and literacy development: Classroom organization as a moderator. Early Education and Development, 30(1), 1-18. https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1514845
Chumaidah, M., Jalil, A., & Hidayat, C. T. (2020). Taman Baca Masyarakat “Tholabul’ilmi” Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Desa Panduman Kecamatan Jelbuk. Journal of Community Development, 1(1), 19-24. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i1.4
Dewi, U. T., & Fitria, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 31-41. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v8i1.1173
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940. 10.31004/obsesi.v5i1.673
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108-114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Fitria, E., & Syarif, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Keaksaraan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Ilmi Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 22-28. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5834
Hartati, S., & Fitria, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Dongeng di Kelompok Bermain Az-Zakiyyah. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-12. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v5i2.546
Henryanti, A. T. (2019). Perancangan Buku Pop-Up sebagai Media Edukasi tentang Pentingnya Menyayangi Hewan untuk Anak Usia 2-4 Tahun (Doctoral dissertation, Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW).
Hidayat, L. F., Nandiyanto, A. B. D., Kurniawan, T., & Bilad, M. R. (2021). The literacy habituation to grow early childhood language skills through picture story books in early childhood education. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.26874/jakw.v2i2.134
Hidayatussoalihah, H., Karta, I. W., & Rachmayani, I. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo Tahun 2022. Jurnal ilmiah profesi Pendidikan, 7(4), 2309-2316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.963
Isnaini, R., Kurniawan, A., Marjito, M., & Pratiwi, V. U. (2024). Perpustakaan Digital Meningkatkan Literasi Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 33(2), 525-536.
Lamadang, K., Poku, A., Sutari, S., Susanti, P. A., Maladjai, N., & Nurung, H. M. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 671–677. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.604
Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., Anam, K., & Prasetyo, M. A. (2023). Strategi literasi budaya anak usia dini melalui pengembangan game edukatif. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80-93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779-792. 10.31004/obsesi.v6i2.1361
Masitoh, I., Novalinda, N. A., & Ramadhani, P. A. (2022). Penerapan pra literasi pada anak usia dini di TK fajar. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 1(1), 40-49.
Masliati, T., & Hidayat, A. (2023). Upaya meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Kegiatan Literasi dengan Media Buku Anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 369-379. https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19212
Meliantina, M. (2019). Menerapkan budaya literasi guru sekolah dalam upaya meningkatkan pendidikan di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120-139.
Mutoffar, M. M., & Yuyun, L. (2024). Pintar Literasi dan Numerasi: Panduan Praktis untuk Guru/Dosen dan Orang Tua. Pekalongan: Penerbit NEM.
Pentury, H. J. (2018). Pengembangan literasi guru PAUD melalui bahan ajar membaca, menulis dan berhitung di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 14-21.
Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39.
Purnamasari, N. I., & Rohmawati, H. (2023). Implementasi Kegiatan Bermain Huruf dalam Melatih Kemampuan Literasi Membaca Dasar Anak Usia Dini. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 13(1), 117-141. https://doi.org/10.54180/elbanat.2023.13.1.117-141
Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381-3390. 10.31004/obsesi.v6i4.2348
Putra, A. A. A., & Astuti, W. (2023). Stimulasi Membaca Anak Usia Dini dengan Media Poster. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5240-5248. 10.31004/obsesi.v7i5.4887
Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV. Basic Education, 7(32), 3-128.
Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Bali: Nilacakra.
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan literasi pada anak usia dini dengan metode mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.
Yeni, A., & Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Stimulasi kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan menguraikan kata di taman kanak-kanak Alwidjar Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 608-616.
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of physical activity on motor skills and cognitive development in early childhood: a systematic review. BioMed research international, 2017(1), 2760716. https://doi.org/10.1155/2017/2760716
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.13005
Article Metrics
Abstract - 96 PDF - 186Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.