Peran Orang Tua Karir dalam Penanaman Literasi Budaya pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua karier dalam penanaman literasi budaya lokal pada anak usia 4-5 tahun di Desa Kedungleper serta korelasi pemahaman orang tua terhadap penanaman literasi budaya lokal. Mengingat Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya, penting untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan kewarganegaraan sejak dini guna membangun jati diri bangsa di tengah pengaruh global. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi dan wawancara dengan 5 orang tua karier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Desa Kedungleper berupaya mengenalkan budaya lokal melalui berbagai cara seperti membaca, bernyanyi lagu daerah, dan bermain dengan alat-alat tradisional. 3 orang tua telah menerapkan literasi budaya lokal melalui alat musik gamelan, kendang, terbangan sedangkan 2 diantaranya juga mengenalkan alat musik gamelan dan melalui buku bergambar pakaian/rumah adat. Namun, peran ibu masih dominan dibandingkan ayah dalam mendukung literasi budaya anak. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan waktu orang tua karier, kurangnya fasilitas literasi di rumah, serta minimnya keterlibatan ayah dalam proses literasi. Penelitian ini menekankan perlunya sinergi antara sekolah dan keluarga dalam menanamkan literasi budaya lokal agar anak-anak tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan membaca di sekolah, tetapi juga di rumah, yang pada akhirnya akan membangun minat dan kemampuan literasi mereka dengan lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslan, A. (2017). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Pantang Larang Suku Melayu Sambas. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 16(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jiu.v16i1.1438
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini di Era Digital. Tematik, 6(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Choiri, M. M. (2017). Upaya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
Damanik, Y. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah. Paidea: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(2), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/paidea.v2i2.999
Fahrozy, F. P. N., et al. (2023). Analisis Unsur Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 237–254. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v6i2.1255
Hadiansyah, F., et al. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iman, B. N. (2022). Budaya Literasi dalam Dunia Pendidikan. Proceedings Conference of Elementary Studies, 1(1), 23–41.
Izzah, I., et al. (2023). Adat, Sejarah Dan Budaya Nusantara. Akademia Pustaka. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/merbh
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3959
Khomaeny, E. F. F., et al. (2020). Indonesian Parenting. Edu Publisher.
Kurniawan, M. I., Wardana, M. D. K., & Wulandari, R. (2022). Urgency of Cultural and Citizen Literacy for Elementary School in the Digitalization Era. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 580–584. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.202
Lestari, I. S. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual pada Anak Usia Dini di PAUD Akhlak Mulia [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Lestari, W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas Bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476–5486. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894
Mahardika, E. K., et al. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Manurung, A. F., et al. (2022). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan Budaya Literasi Pada Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas V SDN 11 Sumbawa Besar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1512–1517. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.803
Pratama, R. D., et al. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Rumah Literasi Kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 30–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jsds.1915
Primayana, K. H., et al. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.929
Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif di Sekolah Dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1), 85–103.
Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya pada Anak Usia Dini. JURNAL INOVATIF ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 134–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21818
Putro, D. B. W., dkk. (2022). Meningkatkan Minat Membaca Anak-anak Berbasis Literasi Kearifan Lokal. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(4), 451–455. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11496
Rachmi, T., et al. (2022). Mengenal Lebih Dalam Ilmu Parenting. Edu Publisher.
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Ratnaningrum, E., et al. (2022). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter (M. Hidayat & M. Miskadi, Eds.). Pusat Pengembangan dan Penilitian Indonesia.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif. Deepublish.
Santika, I. G. N., et al. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1), 54–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p
Shohibah, R. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Budaya Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 528–533.
Susiati, S., et al. (2021). Kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Remaja Di Desa Waimiting Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 8–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.747
Sutrisno, S. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Berwawasan Global untuk Penanaman Kecakapan Belajar dan Berinovasi Warga Negara Abad Ke-21. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 57–66. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6515
Utomo, P., et al. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35–50. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170
Wheeler, D. P., et al. (2015). Standards and Indicators for Cultural Competence in Social Work Practice. National Association of Social Workers.
Yumnah, S., et al. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.13006
Article Metrics
Abstract - 135 PDF - 95Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.