The Length of Utterances and Sentence Completeness in Preschool-Aged Children
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338
Dau, M. P. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Emotional Quotient (EQ) Anak Usia 2-6 Tahun (Prasekolah). Scholar.Archive.Org.
Ezeizabarrena, M. J., & Fernandez, I. G. (2018). Length of utterance, in morphemes or in words?: MLU3-w, a reliable measure of language development in early basque. Frontiers in Psychology, 8(JAN), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.02265
Lestari, N., Salsabila, N., & Noviyanti, S. (2023). Perkembangan Pemerolehan Bahasa Aspek Sintaksis Pada Anak Usia 4 Tahun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 11144-11153.
Munasih, A., & Nurjaman, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v6i1.553
Nasution, R. S. (2019). Analisis pemerolehan sintaksis menggunakan teknik MLU (Meant lenght of utterence) pada anak usia 5 tahun. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 113-118.
Nasution, F. M. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Melalui Pengukuran Mean Length of Utterence. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no1.89
Nazriani, N. (2021). Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3 Tahun (Studi MLU). JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 17-23.
Potratz, J. R., Gildersleeve-Neumann, C., & Redford, M. A. (2022). Measurement properties of mean length of utterance in school-age children. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 53(4), 1088-1100. https://doi.org/10.1044/2022_LSHSS-21-00115
Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Surakarta:Polkesta Press
Pratomo, H. T. A. (2024). Prosedur analisis sampel bahasa (asb).
Rafiqa, S., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2019). Mean Length Evaluation Of Utterence (Mlu) And Syntaxtic Complexity Of Children With And Without Language Disorders. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 3(2), 329-339. https://doi.org/10.22216/jk.v3i2.4306
Rahmaningtyas, A. S., & Pratomo, H. T. A. (2023). The Effect Of Mean Length Utterance On The Complexity Of Syntactic Structure In 4-6 Year Old Children. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 75-83. https://doi.org/10.37341/interest.v12i1.615
Safitri, U., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Emosional Pada Psiko-Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2590-2595. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1250
Shipley, K. G., & McAfee, J. G. (2023). Assessment in speech-language pathology: A resource manual. Plural Publishing.
Sholeha, M., Nuryani, N., & Hudaa, S. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Rata-Rata Panjang Ujaran Anak (Suatu Tinjauan Psikolinguistik). Aksara, 34(2), 254. https://doi.org/10.29255/aksara.v34i2.657.254--263
Zulfa, I., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Perhitungan MLU dan Kajian Aspek Sintaksis Anak Usia 2, 8 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6552-6558. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1979
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i1.13143
Article Metrics
Abstract - 229 PDF - 76Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.