The Development of Language Skills in the Aspects of Syntax, Semantics, and Pragmatics in Children Aged 5-6 Years
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. DOI: 10.21831/jpa.v10i1.38741
Akhyar, F. (2019). Perkembangan Pragmatik Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.15
Al-Rasyid, A. A. M., & Siagian, I. (2023). Struktur Bahasa Indonesia dan Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science, 3(3), 6262–6274.
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Annisa, A. (2020). Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual di Abad 21. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 31–46. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.223
Anzhalni, R., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Sintaksis Dan Media Flash Card. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 284–292.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Aziza, Y. U., & Sutanto, A. V. (2024). Hubungan Kemampuan Sintaksis dengan Kemampuan Literasi Awal pada Anak Kelas 2 SD Negeri 1 Pilang Randublatung Blora. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 3(1), 167-175. https://doi.org/10.59686/jtwb.v3i1.151
Azizah, N., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Semantik Dan Sintaksis Anak Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 139–146. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i2.9846
Azmiati, E., & Nuryani, N. F. N. (2021). Pengungkapan Emosi Kekecewaan pada Anak Usia 1—3 Tahun: Sebuah Kajian Psikolinguistik. Suar Betang, 16(1), 13-21. https://doi.org/10.26499/surbet.v16i1.214
Brantasari, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119
Cresswell, J. W., & Cresswell, D. J. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches ( david C. Felts, A. Marks, H. Salmon, & C. Neve, Eds.; 5th ed.). SAGE Publications.
Eliza, D., Dewi, T. K., Sari, S., & Melina, S. (2023). Pemerolehan Semantik Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Buku Cerita: sematik usia 4-5 tahun melalui buku cerita. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 63-71. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.63-71
Fajarrini, A., & Diana, R. R. (2024). Peran Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2605
Fatin, I., Yunianti, S., Veronica, N., & Mahmudi, A. (2022). Analisis Aspek Utama Kerangka Kebahasaan Pada Siswa SD HomeSchooling Usia 7 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 150–162. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1911
Fauziah, N., Amanda, S., Tria, A., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Hadi, S., & Utami, S. (2019). Akulturasi Pemerolehan Kompetensi Pragmatik Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga Etnik Jawa di era Revolusi Digital. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.262
Hayati, S. N., & Na’imah, N. (2022). Analisis Kompetensi Berbicara Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203–3217. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2107
Hidayati, N., Nugrahani, F., & Suwarto. (2024). Kemampuan berbahasa anak usia dini dengan pola asuh diberi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.16903
Hidayati, Rusmawati, R., & Junining, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Bilingual terhadap Perkembangan Diksi, Tata Bahasa, dan Pelafalan Ujaran Bahasa Daerah Siswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 338–351. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.1914
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140
Jayanti, D. D. (2019). Sistem Percakapan Visual Untuk Stimulasi Anak Usia Dini dengan Hambatan Perkembangan Bahasa dan Bicara. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.5
Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5829–5836.
Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–118. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.46
Lestari, N., Salsabila, N., & Noviyanti, S. (2023). Perkembangan Pemerolehan Bahasa Aspek Sintaksis Pada Anak Usia 4 Tahun. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11144–11153.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Chilhood Education, 4(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Pakpahan, T., Fadila, J., & Ginting, H. S. G. B. (2024). Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 37–44. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1325
Pradita, E. L., Kumala Dewi, A., Nasywa Tsuraya, N., & Fauziah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1238–1248. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883
Pratomo, H. T. A., & Purnaningrum, W. D. (2020). Deteksi Dini dan Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnalempathy.Com, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.37341/jurnalempathy.v1i2.29
Priono, F., Hasibuan, J. M., & Sitepu, Z. F. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelas 2 SD Negeri 060826 Kec . Medan Area. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 162–168. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.770
Puspitasari, A., Sugiarto, B. R., & Asror, A. G. (2024). Analisis Semantik terhadap Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(2022), 2188–2193.
Ramsook, K. A., Welsh, J. A., & Bierman, K. L. (2020). What you say, and how you say it: Preschoolers’ growth in vocabulary and communication skills differentially predict kindergarten academic achievement and self-regulation. Social Development, 29(3), 783–800. https://doi.org/10.1111/sode.12425
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Romdon, N. H. F., & Setyaningsih, W. (2023). Pengaruh Lingkungan terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Mojosongo Surakarta. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2), 254–267. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i2.43
Sabilla, S., Lubis, S. M. F., & Nasution, F. (2023). Pengajaran Membaca Melalui Pendekatan Kognitif dan Konstruktivisme. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 842-852. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3016
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.
Sari, D. K., & Rasyimah, Mrs. (2021). Neurolinguistik: Teori Linguistik Dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 74–77. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.4100
Setiawati, E., Yusdiana, Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Yuningsih, Y. (2024). Analisis Efektivitas Media Gambar pada Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3), 371–390. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12585
Suryani, T. (2023). Pengaruh Penguasan Sintaks Arab Terhadap Pemahaman Teks Bahasa Arab Pada Siswa MAN 2 Pesisir Selatan. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(September), 1–11. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i3.1495
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. In Universitas Negeri Gorontalo (pp. 1–15).
Utami, N., & Sagala, A. C. D. (2023). Analisis Kemampuan Bahasa Semantik Dan Fonetik Melalui Metode Bercerita Jurnal Pagi Di Tk Annisa Jenggot. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 243–257. https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.9301
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Widyantari, N. W. T., & Nugroho, S. (2024). Hubungan Antara Short Term Memory dengan Kemampuan Sintaksis pada Anak Prasekolah Usia 3-5 Tahun di TK IV dan KB IV Saraswati Denpasar. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(2), 822–829. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i2.120
Wulandari, R., Nursyamsiyah, S., Akhyadi, A. S., Jumiatin, D., & Sumitra, A. (2019). Media Boneka Tangan Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita. Jurnal Ceria, 2(2), 37–43. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p37-43
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i1.13197
Article Metrics
Abstract - 92 PDF - 22Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.