Improving Expressive Language of Children Aged 5–6 Years Through Role-Play Method at Tk Insan Cendikia Legok
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.
Azmi, R., Astini, B. N., Rachmayani, I., & Fahruddin, F. (2023). Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2557–2565. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1795
Bruce, M., McFayden, T. C., Ollendick, T. H., & Bell, M. A. (2022). Expressive language in infancy and toddlerhood: The roles of child temperament and maternal parenting behaviors. Developmental Psychobiology, 64(6), 1–12. https://doi.org/10.1002/dev.22287
Fitriana, S. (2019). Kurangnya Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5 Tahun Di Jl. Raden Fatah No 004 Rt 01 Kelurahan Pagar Dewa, Kecamatan. Selebar Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 309. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2274
Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150
Helvianis, T., & Rantina, M. (2021). Stimulasi Perkembangan Berbicara Anak Usia 2-3 Tahun Selama Pandemi Covid 19 Rt 09 Desa Sako Banyuasin. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 8(1), 93–108. https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.14448
Holzinger, D., Dall, M., Sanduvete-Chaves, S., Saldaña, D., Chacón-Moscoso, S., & Fellinger, J. (2020). The Impact of Family Environment on Language Development of Children with Cochlear Implants: A Systematic Review and Meta-Analysis. Ear and Hearing, 41(5), 1077–1091. https://doi.org/10.1097/AUD.0000000000000852
Kusbudiyah, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Sandiwara Boneka Pada Mata Diklat Praktek Pembelajaran Di Raudhatul Athfal (Ra). Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(33), 130–137. https://doi.org/10.38075/tp.v12i33.63
Levickis, P., Eadie, P., Mensah, F., McKean, C., Bavin, E. L., & Reilly, S. (2023). Associations between responsive parental behaviours in infancy and toddlerhood, and language outcomes at age 7 years in a population-based sample. International Journal of Language and Communication Disorders, 58(4), 1098–1112. https://doi.org/10.1111/1460-6984.12846
Nida, S. M., Khasanah, I., & Karmila, M. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Snow Pada Gadget. In Seminar Nasional PAUD 2019 (pp. 74-78).
Ramani, G. B., Daubert, E. N., & Scalise, N. R. (2019). Role of Play and Games in Building Children’s Foundational Numerical Knowledge. In Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning (1st ed., Vol. 5). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-815952-1.00003-7
Sari, F., Suardana, I. M., & Zainuddin, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. 498–502.
Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21
Sayekti, T., Khosiah, S., & Endah, E. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Perilaku Sabar. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(2), 221. https://doi.org/10.24853/ma.5.2.221-238
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. Edisi Khusus, 2, 31–37.
Yulianeta, Y., Faisol, M., & Hazarika, A. (2024). Apakah penggunaan role play sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa efektif? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 189–194. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.250
Yulida, E. (2020). Efektifitas Pengenalan Cerita Rakyat terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15282/
Zhang, X., Chen, X., & Chen, F. (2021). Book Review: Current Perspectives on Child Language Acquisition: How Children Use Their Environment to Learn. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.710903
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14759
Article Metrics
Abstract - 50 PDF - 18Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.