Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Inggris Dasar Oleh Individu Autis Melalui Media Interaktif
Abstract
Keterbatasan dan kesulitan pemerolehan bahasa oleh individu autis adalah masalah utama bagi orang tua dan praktisi serta akademisi pendidikan. Metode dan teknik pengajaran dan pembelajaran dikembangkan dan dimodifikasi sehingga kemampuan mereka untuk merespons dan berbahasa meningkat. Indikator perkembangan individu autis dilihat dari perkembangan kemampuan merespon dan berbicara, hal itu dapat didukung oleh media interaktif talking photo. Talking photo adalah media interaktif yang dapat menyimpan dan menghasilkan suara. Media ini dapat mendukung pengajaran untuk memperkenalkan kosakata bahasa Inggris dasar kepada individu autisme. Kosakata bahasa Inggris dasar dalam penelitian ini adalah anggota tubuh dan aktivitas yang biasa individu autis lakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan mendeskripsikan penerapan talking photo dalam pemerolehan kosa kata Bahasa Inggris Dasar kepada individu dengan autisme. 5 individu autis pra-sekolah dilibatkan dalam penelitian ini, mereka dipaparkan secara intensif selama satu bulan 10 kosakata bahasa Inggris dasar tentang anggota tubuh dan kegiatan sehari-hari. Hasil yang diperoleh, dari masing-masing dari 10 kosakata, rata-rata 5 kosakata yang mereka dapat melafalkan baik itu anggota tubuh dan aktifitas sehari -hari. Perkembangan kemajuan individu autistik terjadi karena integrasi stimulus dan dukungan keluarga dan praktisi pendidikan, serta media sebagai sarana mempercepat pencapaian kemajuan.
Keywords
Individu autis, Bahasa Inggris Dasar, Media Interaktif
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1765
Article Metrics
Abstract - 536 PDF - 347Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.