Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang

Syaidatur Rohmah, Iman Nurjaman

Abstract


Kemampuan menyimak anak di Ra. manbaul hikmah rawalini masih tergolong rendah, subyek penelitian 12 anak terdiri 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, terdapat 7 anak yang masih rendah kemampuan menyimak hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan menyimak  yang masih rendah, anak kurang fokus dalam kegiatan bercerita, media pembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam media pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui media visual di Ra.Manbaul hikmah teluknaga tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan menyimak  anak pada pembahasan siklus I, siklus II dan siklus III anak didik yang berkembang sangat baik atau (BSB). Berdasarkan persentasi pencapaian peningkatan kemampuan menyimak anak dari kondisi awal 40% pada ke siklus I  adanya peningkatan  yaitu 55% pada siklus II meningkat 70% pada siklus terakhir yaitu siklus III Mencapai 90%. Sehingga presentase kenaikan dari prasiklus (kondisi awal) ke siklus I adalah sebesar 15 % presentase kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 16%, dan presentase kenaikan dari siklus II kesiklus III adalah 19%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak pada Kelompok B di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Tangerang.

Keywords


Media Visual, Kemampuan Menyimak, Karakteristik Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Dhieni.Nurbiana. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas terbuka.

Doludea .Anny. Nuraeni Lenny. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia di 5-6 tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang kertas di Makedonia Tk. Artikel Jurnal Ceria Online ISSN : 2614- 6347 Vol 1 No 1. Diakses tanggal 25 february 2019.

Hijriyah.Umi. (2016). Menyimak strategi implakasinya dalam kemahiran.lampung. Pusat peneliti.

Hermawan.Herry. (2012). Menyimak keterampilan berkomunikasi yang. Yogyakarta,Graha Ilmuan dan pegabdian masyarakat.

Indria. (2017) . Pengembangan media visual kartu angka efektif untuk mengenalkan huruf A,I,U,E,O pada anak usia dini 3-4 tahun Paud Labschool Jember.Artikel http:// jurnal/umpo.ac.i/ index.php/ indria/index. Diakses tanggal 2 maret 2019.

Mulyati. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Permainan Pesan Berantai di Tk Taufiq Perguruan Islam Bayur. Artikel Jurnal Pesona Paud.Vol.1 No. 1. Diakses tanggal 2 maret 2019

Widianti. Sri. Komang. Ayu.Ida. Suarni. Ketut. Ni. Asril. Maylani.Nice. (2015) Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak. Artikel e-Jurnal Pg Paud Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan pendidikan anak usia dini. Vol. 3 No. 1. Diakses tanggal 21 maret 2019.

Zaman.Badru.Hermawan. Hernawan Asep. (2014). Media dan Sumber belajar paud. Tangerang selatan ,Karya Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2336

Article Metrics

Abstract - 3012 PDF - 510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats