Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang

Sopia Apriani, Angger Prima Widhiasih

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa. Kemampuan logika matematika anak masih tergolong rendah, subyek penelitian 10 anak didik terdiri laki-laki 6 dan perempuan 4 anak. Terdapat 7 anak yang masih rendah dalam kemampuan logika matematikanya, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang monoton, kurangnya insiatif dalam menyelesaikan masalah yang ada dilingkungan, dan kurangnya minat anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika matematika anak melalui metode eksperimen di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 3 siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan logika matematika anak pada pembahasan siklus 1, siklus II dan siklus III, anak didik yang berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan presentase pencapaian peningkatan kemampuan logika matematika anakĀ  dari kondisi awal memperoleh persentase sebesar 45%, kemudian pada siklus I adanya peningkatan yaitu mencapai 57%, pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 74%, dan pada siklus III sebesar 96%. Sehingga presentase kenaikan dari pra siklus (kondisi awal) ke siklus I adalah sebesar 12%, presentase dari silus I ke siklus II adalah sebesar 17%, dan prsentase dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 22%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak pada kelompok B di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.


Keywords


Kemampuan Logika Matematika, Metode Eksperimen, Karakteristik Anak Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Amstrong. ( 2002). Kinds Of Smart Menumukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda

Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah dan Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Kurniasih dan Sani. (2017). Model Pembelajaran. Jogjakarta. Kata Pena.

Mufarizuddin. 2017. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui

Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Vol.1.

Jurnal Obsesi. No.1. ISSN 2549-8959. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.

Susanto, Ahmad.2011. Perkembnagan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagi

Aspeknya. Jakarta:Kencana

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains.

Bandung. PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2339

Article Metrics

Abstract - 1220 PDF - 835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats