Penerapan Reinforcement Dalam Mendisiplinkan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang
Abstract
Penanaman karakter seperti kedisiplinan diusia prasekolah sangat penting untuk dilakukan. Penanaman karakter disiplin dilakukan melalui pembiasaan sitiap hari selama proses belajar meengajar mencakup ketrampilan hidup, sosial, control diri, patuh pada peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk menamkan karakter disiplin pada anak usia dini kususnya anak usia 5-6 tahun melalui penerapan reinforcement selama belajar mengajar di TK Islam Kinasih. Data yang terkumpul melalui metode oservasi, wawancara, dokumentasi dan analisis diskriminatif kualitatif. Hasil dari penelitian bahwa di TK Islam Kinasih telah menerapakan reinforcement dengan adil dan seimbang, telah menggunakan ketrampilan reinforcement dengan bervariasi, menggunakan prinsip-prinsip reinforcement kesabaran, bermakna kehangatan, waktu pemberian reinforcement dengan fleksibel dan menggunakan teknik reinforcement positif, modelling dan token conemy. Hasil analisis data penelitian adalah penerapan reinforcement dapat diterapkan oleh berbagai pihak untuk diterapkan di sokalah oleh guru maupun orang tua di rumah. Jenis kedisiplinan yang diterapkan yaitu di siplin demokratis dan memotivasi anak melalui penerapan reinforcement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin Zainal. (2010). “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cooper Crol, halsey Claire, Laurent Su, sulivan Karen. (2019). “Ensilkopedia Perkembangan Anak” Erlangga.
Gunawan Heri. (2012). “Pendidikan Karakter Konsep dan implementasi”. Bandung: Alfabeta.
Hurlock B Elizabeth. (2010). “Psikologi Perkembangan” Jakarta: Erlangga. Koesoema Doni. (2018). “Pendidikan Karakter” Jakarta: PT Grasindo
Koesoema Doni. (2018). “Pendidikan Karakter” Jakarta: PT Grasindo
Kusuma Dharma, Trinata Cepi, Permana Johar. (2013),” Pendidikan Karakter”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Marno, Idris. (2010). “Strategi dan Metode Pengajaran” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis Lumangga Namora. (2013). “Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktek”. Rawamangun Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Marno, Idris. (2010). “Strategi dan Metode Pengajaran” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Minarno Eko. (2010). “Pengantar Psikologi Umum”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Papalia E Diane, Old Wendkos Selly (2010), Feldman Duskin Ruth, “Huma Development” Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purwanto Ngalim. (2007), “Ilmu Pendidikan Teoretis dan praktis” Bandung: PT Remaja Rosidakarya. Putra Nusa, Fil S, Dwilestari Ninin. (2012).” Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta: PT Rajagrafindo persada.
Shochib Moh. (2014). “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak untuk Mengembangkan Disiplin Diri”. Jakarta: PT Rineka cipta.
Susanto Ahmad. (2011). “Perkembangan Anak Usia Dini” Jakarta: Prenada Media Group.
Winkel dan Hastuti Sri. (2010). “Bimbingan dan Konseling di Insititusi Pendidikan”. Yokyakarta: PT Grasindo.
Yusuf Syamsu. (2012). “Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2340
Article Metrics
Abstract - 2211 PDF - 1685Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.