Penerapan Bermain Bebas Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk.Mekarjaya Kec.Sepatan Kab.Tangerang

Titi Rachmi, Syifa Urpiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun adalah anak dapat interaksi dengan teman sebaya, dapat berinteraksi dengan orang dewasa, dapat  memecahkan konflik, lebih percaya diri, punya banyak teman, dapat interaksi dan saling membantu, dapat berbagi, anak dapat pola bergiliran, dapat menggunakan dan menjaga benda-benda dan lingkugan secara tepat, dapat perduli terhadap orang lain seperti memahami dan menerima pebedaan individu, dapat memahami masalah multibudaya. Pada dua subjek penelitian didapat ada perbedaan antara MSN dan MAD pada kemampuan sosial  anak usia 5-6 tahun, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mngacu kepada hasil observasi dan wawancara. Pada penelitian ini ditemukan dua sumber data yaitu MSN dan MAD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan wawancara dan catatan observasi. Penelitian ini juga didukung oleh dokumentasi yang memadai. Hasil data disajikan secara narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Berdasaran hasil temuan peneliti yang didapatkan, maka penelitian ini layak digunakan oleh masyarakat luas dan dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih lanjut.

Keywords


Bermain Bebas, Kemampuan Sosial, Anak Usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2856

Article Metrics

Abstract - 654 PDF - 556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats