Analisi Kompensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19 di Kota dan Kabupaten Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru memberikan pengajaran dalam pembelajaran jarak jauh selama covid-19 serta mengetahui kompetensi guru yang di gunakan, sehingga masalah pembelajaran jarak jauh selama covid19 dapat membuktikan dan menjelaskan statergi kegiatannya berjalan sesuai dengan rancangan yang disusun oleh setiap sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi. Penelitian ini di lakukan pada sepuluh sekolah di Kota dan Kabupaten wilayah Tangerang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh selama covid-19 telah dilaksanakan dengan menerapkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru taman kanak-kanak. sedangkan untuk kompetensi pedagogik guru taman kanak-kanak baik secara pelaksanaanya selama daring sudah baik, namun harus tetap adanya bimbingan yang diambil melalui pengetahuan oleh para guru di Kota dan Kabupaten Tangerang Banten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurzakinah, D. S., & Sri, W. (2019). KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AF Abstrak. PAUD Teratai, 8, 1–6.
Sugiyono. (2016). (2016). kualitatif. Bandung.
Rahayu, D. (2019). WORKSHOP PENERAPAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI GUGUS III PKG KOTA MATARAM Dwi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yaumi, D. D. (2019). Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 1(2), 138–150.
Yerusalem, D. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492
Setiawan, T. H., & Rahman, A. N. (2020). Pelatihan daring teknologi pembelajaran. 01(01), 37–47.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4010
Article Metrics
Abstract - 1291 PDF - 711Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.