Analisi Kompensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19

Titi Rachmi, Aqidatul Nabilah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19 di Kota dan Kabupaten Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru memberikan pengajaran dalam pembelajaran jarak jauh selama covid-19 serta mengetahui kompetensi guru yang di gunakan, sehingga masalah pembelajaran jarak jauh selama covid19 dapat membuktikan dan menjelaskan statergi kegiatannya berjalan sesuai dengan rancangan yang disusun oleh setiap sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi. Penelitian ini di lakukan pada sepuluh sekolah di Kota dan Kabupaten wilayah Tangerang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh selama covid-19 telah dilaksanakan dengan menerapkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru taman kanak-kanak. sedangkan untuk kompetensi pedagogik guru taman kanak-kanak baik secara pelaksanaanya selama daring sudah baik, namun harus tetap adanya bimbingan yang diambil melalui pengetahuan oleh para guru di Kota dan Kabupaten Tangerang Banten.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Nurzakinah, D. S., & Sri, W. (2019). KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AF Abstrak. PAUD Teratai, 8, 1–6.

Sugiyono. (2016). (2016). kualitatif. Bandung.

Rahayu, D. (2019). WORKSHOP PENERAPAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI GUGUS III PKG KOTA MATARAM Dwi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yaumi, D. D. (2019). Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 1(2), 138–150.

Yerusalem, D. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492

Setiawan, T. H., & Rahman, A. N. (2020). Pelatihan daring teknologi pembelajaran. 01(01), 37–47.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4010

Article Metrics

Abstract - 1218 PDF - 711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats