Persepsi Orang Tua Dalam Pembelajaran Calistung Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah

Nurul Fitria Kumala Dewi, Uswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Persepsi Orang tua Dalam Pembelajaran Calistung Anak Kelompok B Pada Usia 5-6 Tahun”. Tetdapat orang tua yang terlalu memaksakan anaknya agar mampu calistung sejak dini. Oleh karena itu, pembelajaran calistung yang dilakukan sebaiknya harus disesuaikan dengan prinsip dasar anak usia dini yaitu salah satunya dengan bermain sambil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Metode penelitian yang dilakukan meliputi empat tahap, yaitu : persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B usia 5-6 tahun. Data penelitian yang terkumpul dianalisis, data diklasifikasikan, dan dideskripsikan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung anak. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat persepsi orang tua di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah yang menginginkan anaknya mampu calistung sejak dini diantaranya.

Keywords


Persepsi Orang tua, Pembelajaran Calistung

Full Text:

PDF

References


Helaludin, & Wijaya, H. (2019). “Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik” (Pertama).

Istiyani, D. (2014). “Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan.” Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351

Lutfatulatifah, L., & Yuliyanto, S. W. (2017). “Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2766

Rahayu, N. (2018). “Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini.” 1(2).

Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).” Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.” Retrieved from www.cvalfabeta.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4012

Article Metrics

Abstract - 2036 PDF - 1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats