Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ar-Rafi’, Ciledug, Kota Tangerang

Evy Fitria, Yulin Rahmawati

Abstract


                                                         ABSTRAK

Kemampuan sosial anak di TK Ar-Rafi’ masih tergolong rendah, subyek penelitian 10 anak terdiri dari 2 orang anak yang diam saja apabila diganggu teman, 2 anak yang suka mengejek temannya, 2 anak yang belum mau berbagi dan membantu teman, penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui permainan konstruktif di TK Ar-Rafi’,Ciledug,Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sosial anak pada pembahasan di siklus I, siklus II dan siklus III anak didik yang berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan presentase pencapaian peningkatan kemampuan sosial anak dari kondisi awal presentasenya sebesar 35% masuk pada siklus I adanya peningkatan yaitu mencapai 48% pada siklus II meningkat sebesar 64% dan pada siklus yang terakhir yaitu siklus III mencapai 82%. Sehingga presentase kenaikan dari pra siklus (kondisi awal) ke siklus I adalah 13% dan presentase kenaikan dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 16%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa permainan konstruktif dapat meningkatkan kemampuan sosial anak pada

Kelompok A di TK Ar-Rafi’,Ciledug,Kota Tangerang

 

Kata kunci : Kemampuan Sosial, Permainan Konstruktif


Keywords


kemampuan sosial, permainan konstruktif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4832

Article Metrics

Abstract - 446 PDF - 353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats