Upaya Meningkatkan Konsep Bilangan Melalui Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-6 Tahun

Ari Prabawati Susanto, Evy Fitria

Abstract


Mengenal konsep bilangan anak usia 4-6 tahun di TK Sabela belum berkembang dengan optimal. Dari 10 anak di kelas, ada 7 anak yang mengenal konsep bilangan nya masih rendah. Subjek penelitian ini adalah  anak didik kelompok A yang mengalami masalah mengenal konsep bilangan, seperti menyebutkan urutan bilangan, membedakan lambang bilangan, dan dalam menulis lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain puzzle angka. Kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada siklus I mencapai 30%, pada siklus II meningkat mencapai 50% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus III yaitu 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui bermain puzzle angka. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan melalui bermain puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok di TK Sabela Kec. Pasar Kemis Kab. Tangerang.


Keywords


mengenal konsep bilangan, puzzle angka, anak usia 4-6 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v7i1.559

Article Metrics

Abstract - 1193 PDF - 931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats