Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Keaksaraan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Ilmi Kota Tangerang

Evy Fitria, Holisoh Syarif

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan keaksaraan pada anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang melalui peran orang tua di rumah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat membaca pada anak masih kurang serta peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Jumlah anak dalam penelitian ini adalah 3 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan Peran orang dalam pengembangan keaksaraan anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang, yaitu orang tua (membimbing) anak dalam belajar : seperti memberikan motivasi, nasehat kepada anak, (pengawasan) orang tua terhadap anak : selalu menemani anak saat bermain dan belajar, (memberikan dorongan) : seperti memberikan apresiasi, motivasi, (pembiasaan): orang tua selalu mengingatkan kepada anak untuk belajar agar anak terbiasa dengan waktu-waktu kapan harus belajar, (menyediakan sarana prasarana): orang tua membelikan alat-alat tulis dan menyediakan tempat belajar yang menarik. (Memberikan sanksi/hadiah) : orang tua akan memberikan sesuatu yang diinginkan anak ketika anak bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.  Sedangkan kendala yang dihadapi orang tua dalam pengembangan keaksaraan anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang, yaitu kurangnya sinergitas ayah dan ibu dalam mengajarkan anak karena sibuk dengan pekerjaan, dan anak lebih banyak main di luar rumah yang menyebabkan sulit untuk belajar.

 

Kata kunci : orang tua, keaksaraan, anak usia dini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5834

Article Metrics

Abstract - 215 PDF - 147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: jurnalceria@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats