UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MUJAHIDAT TANGERANG

Ajijah Sadiah Nufus, Riri Rizkiyani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun di RA Al-Mujahidat Tangerang melalui media mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitan tindakan kelas desain Kemmis & Mc. Taggart sebanyak 3 siklus dan setiap satu siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5 – 6 tahun pada kelompok B2 di RA Al-Mujahidat dengan jumlah 13 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara,dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukkan presentase peningkatan dan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penggunaan media mind mapping. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan media mind mapping, setiap iklusnya terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut ialah 45,7% pada pra tindakan, 54,7% pada siklus I, 63% Pada siklus II dan presentase akhir adalah sebesar 88,5% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun di RA Al – Mujahidat Tangerang.

 

Kata Kunci : Daya Ingat, Media Mind Mapping, Karakteristik Anak Usia 5-6 tahun


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i1.6638

Article Metrics

Abstract - 304 PDF - 258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats