Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Mendongeng Kelompok B di RA Al Ikhlas

Evy Fitria, Sri Ulfa Apriyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab melalui kegiatan mendongeng. Subjek penelitian ini adalah anak berusia (5-6) tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab dari Pra siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III secara berturut-turut sebagai berikut: pada pra Siklus terdapat 3 anak yang persentasenya (50%) dimana dengan keterangan mulai berkembang (MB). Pada siklus I terdapat 5 anak dengan persentase (50%) dimana dengan keterangan Mulai Berkembang (MB) Pada Siklus II terdapat 5 anak dengan presentase (75%) dimana dengan keterangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dan pada siklus III terdapat 10 anak dengan keterangan 8 anak Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan nilai presentase rata-rata sebesar (90%). Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu minimal 75% anak dalam kelas mendapatkan nilai minimal berkembang sesuai harapan.

 

Kata kunci: Sikap Tanggung Jawab, Kegiatan Mendongeng, Karakteristik Siswa Kelompok B


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i1.6639

Article Metrics

Abstract - 213 PDF - 120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats