PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK BIMBAT AUDI KECAMATAN SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

TK Islam Kinasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan merancang, mendesain, membuat dan menguji kelayakan sebuah produk yaitu berupa media edukasi yang layak digunakan untuk pembelajaran Bahasa Ekspresif dalam hal mengenal bermacam ekspresi atau perasaan dalam berimajinasi dengan sebuah cerita. Media yang dihasilkan dalam penelitian berupa “ Media Edukasi Busy Book untuk anak usia 5 - 6 tahun”. Dan menggunakan pengembangan produk dengan penelitian dan pengembangan dari Brog and Gall. Penelitian ini menggunakan dua sekolah yaitu di Bimbat Audi dan Ar – Rayhan dengan menggunakan kelompok kecil dan kelompok besar. Dan kelayakan dari media edukasi busy book diperoleh dari hasil validasi para ahli materi, desaian, bahasa ekspresif dan termasuk praktisi PAUD. Validasi dari ahli materi memperoleh presentase 80% yang dikategorikan “Layak”. Penliaian dari desain pada media busy book memperoleh presentase 82% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Dalam ahli bahasa ekspresif mendapatkan presentase 90% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Dan untuk Praktisi PAUD kelompok kecil dan besar presentase yang didapat kelompok kecil 84%-86% kategorikan “Sangat Layak”, dan kelompok besar presentase 84% dikategorikan “Sangat Layak”. Diartikan produk dalam pengembangan bahasa ekspresif untuk anak usia 5 – 6 tahun dikategorikan “Sangat Layak” digunakan pada saat pembelajaran.

 

Kata kunci: Media edukasi busy book, Bahasa ekspresif, Anak usia 5 – 6 tahun

Keywords


Media edukasi busy book, Bahasa ekspresif, Anak usia 5 – 6 tahun

Full Text:

PDF PDF

References


Afrianti Yulia. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156– 1163.

Anggalia, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet

) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/509/462

ARSYAD AZHAR, D. P. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN (D. M.Pd, Rahman

Asfah (ed.)). rajapers@rajagrafir.co.id. https://doi.org/Azhar Arsyad

Atri, S. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Melalui Penggunaan Gambar Karya Anak di TK Kartika 4-38 Depok Sleman. 8–46. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11066707.pdf

Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Gide, A. (2018). Pengembangan Media Interaktif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Millah, A. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan…, Azizatul Millah, FKIP UMP, 2013. 6–27.

National, G., & Pillars, H. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Putria, A. (2018). media pembelajaran inovatif dan pengembangannya (pipih latifah (ed.)). rosdakarya@rosda.co.id. https://doi.org/Aditin Putria,M.Pd dkk

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tangerang, U. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA MAKET TATA SURYA.

Sugiyono, P. D. (2011). METODE PENELITIAN KUANITATIF KUALITATIF DAN R&D. In P. D. Sugiyono (Ed.), METODE PENELITIAN KUANITATIF

KUALITATIF DAN R&D (ALFABETA, p. 297). Anggota ikatan penerbit indonesia. https://doi.org/asugiyono_ft@yahoo.com

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Susanti, M. E. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ulfa, E. H. (2020). No Titleتتتت. SELL Journal, 5(1), 55.

Yuliana, Syukri, & Halida. (2013). Peningkatan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 2(11), 1–16.

Nuning Indah Pratiwi, Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Journal Ilmiah Dinamika Sosial, 1 (2), 2017.

Afrianti Yulia. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156– 1163.

Anggalia, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet

) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/509/462

ARSYAD AZHAR, D. P. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN (D. M.Pd, Rahman

Asfah (ed.)). rajapers@rajagrafir.co.id. https://doi.org/Azhar Arsyad

Atri, S. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Melalui Penggunaan Gambar Karya Anak di TK Kartika 4-38 Depok Sleman. 8–46. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11066707.pdf

Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Gide, A. (2018). Pengembangan Media Interaktif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Millah, A. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan…, Azizatul Millah, FKIP UMP, 2013. 6–27.

National, G., & Pillars, H. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Putria, A. (2018). media pembelajaran inovatif dan pengembangannya (pipih latifah (ed.)). rosdakarya@rosda.co.id. https://doi.org/Aditin Putria,M.Pd dkk

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tangerang, U. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA MAKET TATA

SURYA.

Sugiyono, P. D. (2011). METODE PENELITIAN KUANITATIF KUALITATIF DAN R&D. In P. D. Sugiyono (Ed.), METODE PENELITIAN KUANITATIF

KUALITATIF DAN R&D (ALFABETA, p. 297). Anggota ikatan penerbit indonesia. https://doi.org/asugiyono_ft@yahoo.com

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Susanti, M. E. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ulfa, E. H. (2020). No Titleتتتت. SELL Journal, 5(1), 55.

Yuliana, Syukri, & Halida. (2013). Peningkatan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 2(11), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7832

Article Metrics

Abstract - 356 PDF - 171 PDF - 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats