MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE WAFA Di KELAS A RA AL-FALAHIYYAH
Abstract
Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak di RA Al-Falahiyyah masih terlihat kurang berkembang. Adapun sistem pembelajaran yang digunakan masih monoton. Maka dari itu ada beberapa anak yang belum berkembang dalam kemampuan membaca huruf hijaiyyah. Dan pada dasarnya di RA Al-Falahiyyah ini belum diterapkannya metode apapun dalam pembelajarannya, sehingga peneliti merasa terdorong dan dan termotivasi untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode wafa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode wafa, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas A RA Al-Falahiyyah dengan jumlah siswa 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar observasi kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan bentuk ceklis. Untuk kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 75% dari total jumlah anak yang sudah meningkat kemampuan membaca huruf hijaiyah. Keberhasilan kemampuan membaca huruf hijaiyah dikatakan meningkat secara klasikal apabila telah mencapai minimal 75% maka dikatakan berhasil tuntas minimal 80% bilamana pelaksanaan tindakan telah sesuai dengan skenario pembelajaran. Hal ini dapat diartikan bahwa keberhasilan dari kemampuan membaca huruf hijaiyah meningkat apabila dengan menggunakan metode wafa.
Kata kunci: membaca huruf hijaiyah, metode wafa
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7838
Article Metrics
Abstract - 935 PDF - 594Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.