Pentingnya Pemahaman Guru Paud Terhadap Perkembangan Motorik AUD

Hayani Wulandari, Liana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pemahaman guru PAUD terhadap perkembangan motorik anak usia dini. Pada usia dini anak memiliki periode yang penting dalam masa perkembangannya, dan hal penting untuk diperhatikan baik oleh orangtua maupun guru PAUD. Guru PAUD memiliki peran penting dalam memfasilitasi dan mendukung perkembangan motorik anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, yaitu memperoleh dan mengumpulkan data terkait melalui buku, jurnal, artikel yang sesuai dengan tema yang dibahas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru PAUD terhadap perkembangan motorik pada anak sangat penting dalam proses kegiatan belajar.  Pemahaman guru PAUD tentang perkembangan motorik anak usia dini pencakup pengetahuan tentang tahapan perkembangan motoric anak secara normal dan strategi pembelajaran yang sesuai. Keterbatasan dalam pemahaman guru PAUD terhadap perkembangan motorik anak usia dini dapat menghambat proses kemajuan anak dalam mencapai kemampuan motoric yang sesuai usianya. Dalam hal ini diperlukan pemahaman dan pelatihan guru PAUD secara terus menerus.

Kata kunci: Guru, Motorik, AUD


Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020). Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 57-62 Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini ( studi kasus di desa karangbong rt . 06 rw . 02 Gedangan-Sidoarjo ). 9(20), 57–62.

Anidar, J. (2014). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.

Askhiya, S. L., & Firdausi, S. N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Hukum Kekekalan Berat Azrina Azhar Fazira. 501–505.

Balowa, C. C., Utoyo, S., & Pauweni, A. A. J. (2020). Penilaian Kecerdasan Anak melalui Aspek Perkembangan Kognitif. 8–15.

Dalam, I., & Pembelajaran, K. (2022). Perkembangan kognitif peserta didik dan implementasi dalam kegiatan pembelajaran. 1(1), 111–124.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Jamilatus, N., Salva, E., & Widya, R. (2023). Pembuktian Perkembangan Kognitif Individu pada Usia 6-9 Tahun Berdasarkan Teori Piaget dalam Aspek Kekekalan Volume. 6, 413–418.

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosidi SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1998, 199–208. http://hdl.handle.net/11617/9276%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9276/Iva Nur Kiftiyah.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Kunci, K. (2019). Gangguan Perkembangan Motorik dan Kognitif pada Anak Toodler yang Mengalami Stunting di Wilayah Pesisir Surabaya. 1.

Mitasari, N. R. (2018). Model Pembelajaran Edutainment Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Musyahidah, U. (2019). Hubungan antara bermain mengenal warna dengan perkembangan kognitif anak di tk frater bakti luhur makassar. 14, 257–261.

Pendidikan, J., Usia, A., Volume, D., Maziyatul, N., Sunan, U. I. N., Email, K., Fahmi, D., Kalijaga, U. I. N. S., Febri, A., & Kalijaga, U. I. N. S. (2020). Perkembangan kognitif, fisik, dan emosi sosial pada masa prenatal. 01(02), 85–106.

Prabowo, C. A., & Widodo, W. (2018). Mengukur Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Bidang Sains menggunakan Tes Kemampuan Penalaran Ilmiah Determining Elementary Students ’ Cognitive Development Levels in Science Using Scientific Reasoning Skills Test. 15(2004).

Prasekolah, A. (n.d.). Perkembangan kognitif anak prasekolah. 1–14.

Sari, Y. K., Putra, Y., Kerja, W., & Guguk, P. (2014). 1,* 1,2 “ $%&’’.” 5(2), 47–58.

Siliwangi, T. (2017). PERAN GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM tentang Kurikulum 2013 Pendididikan Anak Usia Dini menyatakan Pendidikan menekankan bagaimana anak secara aktif Piaget membagi dalam tahun dimana pada usia ini dalam tahapan preoperasional dimana anak membangun. 3(1).

St, K., Waruwaja, R., & Golewa, K. (2021). Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9020

Article Metrics

Abstract - 1780 PDF - 575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats