Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Anak Usia Dini

Hayani Wulandari, Lena Putri Tejakusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya peran guru, nilai-nilai anti korupsi, dan perilaku yang guru tunjukkan dalam penerapan pendidikan anti korupsi. Indonesia menjadi salah satu negara darurat korupsi, diperlukan tindakan preventif untuk mencegah bertumbuhnya bibit-bibit tindak koruptif di masa yang akan datang. Indonesia juga membutuhkan generasi emas untuk mewujudkan 2045 Indonesia Emas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi literature. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia dini. Objek pada penelitian ini adalah peran guru dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa guru sangat berperan penting dalam menanamkan 9 nilai anti korupsi kepada anak. 9 nilai itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung- jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Kata kunci: guru, anak usia dini, nilai-nilai anti korupsi

Full Text:

PDF

References


Arti kata peduli—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://kbbi.web.id/peduli

Azkiya, N. K. (2020). Peran guru Dalam Peendidikan Anti Korupsi di RA Diponegoro 135 Karangsalam Banyumas.

Definisi dan Arti Kata Kejahatan. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://kamushukum.web.id/arti-kata/kejahatan/

DJPb, R. (2022, November 8). Tindak Pidana Korupsi: Pengertian dan Unsur-unsurnya. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/manokwari/id/data-publikasi/berita-terbaru/3026-tindak-pidana-korupsi-pengertian-dan-unsur-unsurnya.html

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Faizah, K. (2021). Spiritualitas Dan Landasan Spiritual (Modern And Islamic Values); Definisi Dan Relasinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 19(1), 068–086.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.

Indeks Persepsi Korupsi. (t.t.). Pusat Edukasi Antikorupsi. Diambil 30 Mei 2023, dari https://aclc.kpk.go.id/materi-pembelajaran/politik/infografis/indeks-persepsi-korupsi

Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14128/Kerja-Keras-Kerja-Cerdas-dan-Kerja-Ikhlas.html

LSP KPK. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://lsp.kpk.go.id/artikel-lsp/73

Maygista, I., Lestari, S., & Astuti, I. (t.t.). Hubungan Program Parenting Dengan Kedisiplinan Anak di PAUD Permata Hati Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).

Media, K. C. (2023, Februari 1). Indeks Korupsi Turun, Indonesia Mendekati Deretan Sepertiga Negara Korup Dunia. KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2023/02/01/20191521/indeks-korupsi-turun-indonesia-mendekati-deretan-sepertiga-negara-korup

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Nisa, A. K. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Hanata Widya, 8(2), 13–19.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113–118.

Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://dindik.jatimprov.go.id/pak/blog/3/pendidikan-anti-korupsi-sejak-dini

Pendidikan Antikorupsi Penting Sejak Anak Usia Dini. (2018, Maret 19). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/pendidikan-antikorupsi-penting-sejak-anak-usia-dini

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Proses Pembelajaran PAUD Melalui Permainan—Kompasiana.com. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://www.kompasiana.com/rezitaanggraini/54f7451da33311b8128b4785/proses-pembelajaran-paud-melalui-permainan

Putri, D. (2021). Korupsi Dan Prilaku Koruptif. Tarbiyah bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, 5(2).

Rahayu, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Antikorupsi untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 98–104.

Sauri, H. S. (2019). Pengertian Nilai. Diakses Melalui file. upi. edu, Pada.

Siagian, L., & Erliyana, A. (2023). Tanggung Jawab Instansi Pemerintah sebagai Subjek Hukum dalam Pengembalian Kerugian Negara. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 5(1), 135–158.

Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru.

Upaya Preventif dan Represif dalam Penegakan Hukum. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari https://www.hukumonline.com/berita/a/upaya-preventif-dan-represif-dalam-penegakan-hukum-lt63e0813b74769#!

Wafi, H. (2021, Juli 24). Memahami Makna Kesederhanaan Yang Sesungguhnya. Universitas Darussalam Gontor. https://unida.gontor.ac.id/memahami-makna-kesederhanaan-yang-sesungguhnya/

Yusuf, A. (t.t.). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Balok Di Tk Mujahidin I Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(11).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9021

Article Metrics

Abstract - 763 PDF - 999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats