Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini

Elan Elan, Gilar Gandana, Dinny Eka Fauziah

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak usia dini. Mengingat bahasa reseptif merupakan modal awal untuk anak dapat mengembangkan perkembangan bahasa lainnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di KB Nurul Huda, ternyata belum menggunakannya media pembelajaran digital untuk meningkatkan kemampuan reseptif pada anak. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak, tentu saja harus ada media relevan yang dapat membantunya, yaitu salah satunya media flashcard berbasis digital yang bisa digunakan dimana dan kapan saja. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan di KB Nurul Huda dan guru kelas A2. Adapun analisis data kualitatif yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman seperti: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa penggunaan media flashcard berbasis digital pada tema binatang bisa meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak usia dini.

Kata kunci: anak usia dini, bahasa reseptif, flashcard digital


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Issue 021).

Fabiana Meijon Fadul. (2019). MONOGRAF MEDIA FLASH CARD BACA KATA DIGITAL Untuk Anak Usia Dini.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Jumiati, J., Rahakabauw, H., & Budiarti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1757–1760. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.630

Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Prasasti, P., Mulyadi, S., & Elan, E. (2022). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tema Transportasi Dalam Setting Kelas Inklusif Di Paud an-Naim. Jurnal Paud Agapedia, 6(2), 183–188. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/52010%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/viewFile/52010/20655

Putri, N. K., & Rochmah, O. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di PAUD Darussalam Gempol Melalui Media Buku Cerita Bergambar. 3, 7–13.

Risanti Rachmawati, F., Yusuf Muslihin, H., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2022). Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga. Desember, 6(2), 175–181.

Shofatur, N., Pendidikan, R., Biasa, L., & Pendidikan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu Di Tingkat Tklb. 1–11.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Yulia, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023

Article Metrics

Abstract - 630 PDF - 517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats