Mengatasi Keterlambatan Interaksi Sosial Melalui Permainan Balok

Elan Elan, Edi Hendri Mulyana, Annisa Putria Ariana

Abstract


Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya keterampilan interaksi sosial pada anak usia dini. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang berlokasi di TK Kemala Bhayangkari 24 Kota Tasikmalaya, ternyata media yang dapat digunakan untuk strategi dalam pemberian stimulus untuk mengatasi keterlambatan interaksi sosial yaitu melalui media permainan balok. Media permainan balok merupakan permainan yang menggunakan media yang berbentuk bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai enam sisi, dua belas rusuk dan delapan titik sudut. Bermain balok disebut sebagai bermain bebas atau open ended play yang dimana pada permainan ini dapat memberikan ruang kepada anak untuk berimajinasi secara bebas dan tidak terikat pada aturan – aturan dalam bermainnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis yaitu yang mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan melalui data atau sampel yang diperoleh sebagaimana adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi dan wawancara pada guru kelas B di TK Kemala Bhayangkari 24 Kota Tasikmalaya. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis media, peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan permainan balok dalam mengatasi keterlambatan interaksi sosial pada anak usia 5 – 6 tahun.

Kata kunci: Interaksi Sosial, Permainan Balok, Anak Usia Dini

 


Full Text:

PDF

References


Ajif, P. (2013). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB III 09.10.033 Aji p.pdf

Belajar, P., Bermain, M., Dalam, B., Motorik, M., & Dini, A. U. (2017). Jurnal c a r e. 5(1), 1–10.

Dinawati, Y. D., Syaodih, E., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro. Edukid, 15(1), 30–41. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20148

Faeruz, R., Fridani, L., & Adhe, K. R. (2022). Aktivitas Bermain Balok Anak Usia Dini. 1–34.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Faizi, A. (2019). Interaksi Sosial Dalam Membangun Akhlak Santri Di Pondok Pesanten Al-Hikmah Melathen Tulungagung. Uinsa, 11–54.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hoezein, A. M., & Jember, U. (2022). A . Konsep Teman Sebaya. March.

Mathematics, A. (2016). Metode Penelitian. 1–23.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105

Musa, N. I. (2019). Pengembangan Permainan Edukatif Balok Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ciluuk Ba. Masters Thesis, Pascasarjana., 53(9), 1689–1699. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12873

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Rusandi, M. R. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 1–13. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Wicaksana, A. (2016). Keterampilan Menjelaskan. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9025

Article Metrics

Abstract - 288 PDF - 210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats