Media Untuk Mengenalkan Huruf Pada AUD Sebagai Upaya Menstimulasi Perkembangan Keaksaraan Awal

Haliza Syahbana, Sima Mulyadi, Edi Hendri Mulyana

Abstract


AUD merupakan anak 0-8 tahun dan berada di masa emas. Pertumbuhan dan perkembangan sangat penting di fase ini untuk diberikan stimulus, karena akan terbawa untuk menjalani kehidupan di masa depan. Menurut STPPA (Standar Tingkat Pencapaian perkembangan Anak) terdapat perkembangan bahasa terkait kemampuan keaksaraan awal. Perkembangan bahasa berkaitan dengan interaksi dan menyampaikan pesan yang terdiri dari keterampilan berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Sebelum anak dapat membaca, anak terlebih dahulu harus dapat mengenal huruf yang berhubungan dengan kemampuan keaksaraan awal. Perkembangan keaksaraan awal setiap anak tentunya berbeda, sehingga saat ini masih terdapat anak usia dini yang masih belum mampu membaca, bahkan belum mengenal huruf alfabet. Maka dari itu, stimulasi perkembangan keaksaraan awal hendaknya diberikan sejak dini agar memiliki perkembangan bahasa yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari berbagai macam cara (media) untuk menstimulasi perkembangan keaksaraan awal melalui pengenalan huruf. Metode yang digunakan kajian pustaka, data kajian dikumpulkan dari berbagai sumber referensi. Hasil kajian dinyatakan perkembangan keaksaraan awal dapat meningkat dengan diberikan stimulasi menggunakan berbagai media pembelajaran, yakni menggunakan kancing huruf, busy book, papan flannel, kartu huruf, kartu kata bergambar dan kotak pintar yang dibuktikan dengan peningkatan persentase pada kemampuan mengenal huruf anak.

 Kata kunci: Anak Usia Dini, Perkembangan Keaksaraan Awal,Mengenal Huruf.


Full Text:

PDF

References


Aini, M., Rahmah, & Fithri, R. (2022). Pengaruh Media Kancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Anak Kelas B. Jurnal Talenta: Journal of Early …, 13(1), 12–19. http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/281%0Ahttp://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/download/281/246

Arifani, F. (2021). Efektivitas Permainan Bingo Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alphabet Pada Anak Usia 5-6 Tahun. (Skripsi).

Basori. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar Di TK Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh, 3(2), 52–58.

Bee, P. J. Y., Dengah, J., & Tampi, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Media Alfabet Bergambar Pada Anak di Kelompok A TK Lembon Samala Moronge Selatan I. … Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–6. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/download/5172/2803

Fatimatuzza’rah, S., Habibi, M., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2022). Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Samara Lombok Tahun Ajaran 2020/2021. JMP Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(1), 8–13. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/view/3533

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Jakad Publishing Surabaya 2018.

Kaima. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Spelling Game Di Kelompok A RA Aisyiyah Barembeng Kabupaten Gowa. (Skripsi).

Karmeliya Firdaus, M., & Ayu Puteri Hadayani, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719

Mangkuwibawa, H., Mufie, Z., & Aulia, D. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Usia Dini. 13, 99.

Maulana, R. A., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). Apa Yang Menyebabkan Rendahnya Keberadaan Guru Laki-Laki Di Paud? JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 23–32. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.3

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357

Nesi Ratna Sari Dkk. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 8.

Okta Viani, E., Fauzi, T., & Novianti, R. (2023). Efektivitas Permainan Pohon Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 4, 339–347.

Paridah, P., Joni, J., & Ahmadi, D. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 1(3), 213–217. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.24

Permendikbud 137, 2014. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Risanti Rachmawati, F., Yusuf Muslihin, H., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2022). Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga. Desember, 6(2), 175–181.

Salamah, T., & Westhisi, S. M. (2023). Pembelajaran Daring: Metode Bermain Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2).

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini(Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. (n.d.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Zitteliana, 18(1), 22–27.

Untari, N. B., & Aulina, C. N. (2021). Improving the Ability to Recognize Consonants Through Smart Box Media for Children aged 4-5 Years in Kindergarten. Academia Open, 4, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2542

Yeni, A., & Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 608–616.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9136

Article Metrics

Abstract - 1404 PDF - 736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats