PENERAPAN BA'I AS-SALAM DALAM TRANSAKSI JUAL ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Mentari Aprillia Nurfatah, Nana Diana

Abstract


Saat ini Smartphone merupakan salah satu alat untuk melakukan aktivitas jual beli, adanya provider semakin memudahkan dalam hal terjadinya transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Jual Beli atau Ba'i As-Salam adalah kegiatan menjual barang dimana pembeli membayar terlebih dahulu barangnya, kemudian menyerahkannya sesuai waktu yang telah disepakati. Dalam ilmu ekonomi islam terdapat prinsip yang harus dihindari yaitu gharar, kegiatan ini dilarang dalam islam karena merupakan kegiatan perdagangan yang mengandung ketidakpastian suatu barang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan, sumber datanya berasal dari buku, internet dan karya tulis ilmiah dan bersifat deskriptif, ialah mengungkap suatu masalah sehingga pada akhirnya dapat memperoleh kejelasan, gambaran baru ataupun dapat memberkuat gambaran yang sudah ada melalui data yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan as-salamin para ahli ekonomi Islam diperbolehkan sepanjang memenuhi prinsip dan ketentuan, serta tidak mengandung unsur-unsur yang dapat menimbulkan kerugian seperti riba, ketidakadilan dan kecurangan. Pada kesimpulan tersebut, sebelum melakukan transaksi sebaiknya pelanggan meminta informasi yang jelas tentang produk tersebut, sehingga tidak ada ruginya dalam melakukan transaksi online ini.


References


‘Aldrin Akbar, Mohammad Dan Siti. 2020. E-Commerce Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis’

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), ‘Fatwa Dewan Syari’ah Nasional NO: 05/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Jual Beli Salam’, Himpunan Fatwa DSN MUI, 2000, 1–4

Dirvi, D. S. A., Eksandy, A., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Growth Opportunity, Nwc, Cash Conversion Cycle, Ios Dan Leverage Terhadap Cash Holding. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 44–58.

Firmansyah, Anang. 2020. Pengantar E-Marketing. Pasuruan. Qiara Media

Grandjean, ‘Abdul Manan, M. 2017. Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Teori Dan Praktik. Jakarta. Kencana’

‘Harmayani Dkk. 2020. E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis’

Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta. Kencana, Edisi Pert (Jakarta: Kencana)

Remy Sjahdeini, Sutan. 2014. Perbankan Syariah Produk-Produk Dan Aspek-Aspek Hukumnya. Jakarta. Kencana

‘Rivai, Veithzal Dan Antoni. 2012. Islamic Economics & Finance (Ekonomi Dan Keuangan Islam Bukan Alternatif, Tetapi Solusi). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama’

‘Sarwat, Ahmad. 2018. Jual Beli Akad Salam. Jakarta. Rumah Fiqih Publishing’

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana

Syafe’i, Zakaria, ‘Ijma Sebagai Sumber Hukum Islam’, AL-QALAM, 1997

Syafi’i Antonio, Muhammad. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta. Gema Insani




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v6i1.4354

Article Metrics

Abstract - 1943 PDF (Bahasa Indonesia) - 1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.