PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, aktivitas belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian dilakukan di SMP Istafad Islamic School Kab Tangerang tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan pemahaman matematik, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat pada siklus I diperoleh rata-rata 60,5 meningkat menjadi 82,25 pada siklus II. Disamping penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I 55% menjadi 87,5% pada siklus II dan terlihat persentase aktivitas guru pada siklus I 60% meningkat menjadi 83,75% pada siklus II.
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.
Made Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.
Edisi Satu. Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Rusman. (2012). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua.
Rajagrafindo.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran menjadikan Proses Pembelajaran lebih
Variatif, Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan. Holistica.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.12371
Article Metrics
Abstract - 151 PDF - 105Refbacks
- There are currently no refbacks.