INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE GAMES BASED LEARNING

Nurlaely Aulia, Nori Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pembelajaran menggunakan metode games based learning. Penelitian yang dilakukan termasuk kepada jenis kualitatif yang disusun dengan cara mendeskripsikan teori dan hasil penelitian. Metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan studi pustaka dan wawancara. Adapun objek yang dijadikan sumber data berupa wawancara yaitu peserta didik kelas XI di SMKP Puspa Wisata PGRI Serpong. Adapun hasil penelitian sebanyak 80% dari 40 siswa merespon baik, 20% merespon biasa saja, dan 10% tidak suka dengan adanya pembelajaran berbasis games. Materi pembelajaran bahasa yang pernah diterapkan menggunakan metode games based learning yaitu cerita pendek dan teks drama.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISULA Press.

Andrew F, Pakpahan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Penulis.

Andini, dkk. 2021. Metode Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal EDUMASPUL. Universitas Islam Negeri Sumatera

Utara, Medan. Vol. 6, No. 1. Hal 974 s.d. 980.

https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/3394/1177/. Diunduh pada 19 Juli

Hamid, abdul. 2019. Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Aktualika.

STAI An-Nadwah Kuala Tungkal. Vol. 9, No. 2, Hal 3.

http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/97/72. Diunduh pada 9 Juli 2024.

Khaerunnisa, dkk. 2022. Penerapan Games based learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada

Siswa Kelas IV. Jurnal JIKAP PGSD. Universitas Negeri Malang. Vol. 6, No. 3, Hal 516.

https://eprints.unm.ac.id/26574/1/Artikel%20Jikap%203.pdf. Diunduh pada 18 Juli 2024.

Maiga, dkk. 2009. Learning by Playing. Ed by Spinger.

Permana, Natalis Sukma. 2023. Games based learning sebagai Salah Satu Solusi dan Inovasi Pembelajaran

bagi Generasi Digital Native. Jurnal JPAK. STKIP Widya Yumawa. Vol. 22, No. 2.

https://ejournal.widyayuwana.ac.id/index.php/jpak/article/download/433/308. Diunduh pada 16

Juli 2024.

Surattana Adipat, dkk. 2021. Engaging Students in the Learning Process with Game Based Learning: The

Fundamental Concepts. Internasional Journal of Technology in Education (ITJE). Vol. 4, No. 3, Hal 548-

(PDF) Melibatkan Siswa dalam Proses Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Game

(researchgate.net). Diunduh pada 18 Juli 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.12372

Article Metrics

Abstract - 474 PDF - 487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.