METAKOGNISI MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI ANALATIK RUANG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Muhammad Noor Kholid, Nadea Devi Yuhana

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan karakter metakognisi mahasiswa dengan AQ tipe climber, tipe camper, dan tipe quitter dalam memecahkan masalah GAR. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga mahasiswa semester tiga di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yaitu mahasiswa dengan AQ tipe climber (S1), mahasiswa dengan AQ tipe camper (S2), dan mahasiswa dengan AQ tipe quitter (S3). Subjek dipilih berdasarkan hasil ARP (Adversity Response Profile). Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes, rekaman video, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter metakognisi mahasiswa dengan AQ tipe climber memenuhi indikator metakognisi paling banyak dibandingkan tipe camper dan quitter. Sementara karakter metakognisi mahasiswa dengan AQ tipe quitter memenuhi indikator metakognisi paling sedikit. Mahasiswa dengan AQ tipe climber mampu memecahkan masalah sesuai solusi yang disusun peneliti dan mampu menuliskan kesimpulan dengan lengkap. Mahasiswa dengan AQ tipe camper mampu memecahkan masalah sesuai solusi yang disusun peneliti namun kurang mampu menuliskan kesimpulan dengan lengkap. Mahasiswa dengan AQ tipe quitter mampu memecahkan masalah sesuai solusi yang disusun peneliti namun tidak menuliskan kesimpulan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2017. Pengantar Pendidikan: Asa dan filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hutauruk, Agusmanto J.B. 2016. “Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika.” Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan pendidikan Matematika, pada 6 Februari, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, Cirebon.

Magiera dan Zawojewski. 2011. “Characterizations of Social-Based and Self-Based Contexts Associated with Students’ Awareness, Evaluation, and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modelling.” Journal for Research in Mathematics Education 42(5): 486-520.

OECD. 2016. Programme for International Students Assesment (PISA) Result from PISA 2015. Diakses dari http:// www.oecd.org pada tanggal 28 september 2018, jam 21.00.

Pradana, Rendra Agnestya, Ahmad hanif Asyhar, dan M. Dicky Riza. 2014. “Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 2(2): 249-256.

Rosita, Dian dan Rochmad. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran Creative Problem Solving.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 5(2):106-113.

Stoltz. 2005. AQ: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryo, Nurcahyo Putra Dwi. 2013. “Pengaruh Adversity Intelligence, Relasi Sosial dan Kemampuan Metakognitif terhadap Nilai-Nilai Kewirausahaan yang Dimiliki Siswa Smk Negeri di Kota Yogyakarta Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.” Sarjana Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wilson, Jeni dan David Clarke. 2004. “Towards the Modelling of Mathematical Metacognition.” Mathematics Education Research Journal 16(2): 25-48.

Yani, Muhammad, M. Ikhsan, dan Marwan. 2016. “Proses Berpikir Siswa

Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient.” Jurnal Pendidikan Matematika 10(1): 43-57.

Sari, Christina Kartika, Sutopo, dan Dyah Ratri Aryuna. 2016. “The Profile of Student’s Thinking in Solving Mathematics Problem Based on Adversity Quotient.” Journal of Research and Advances in Mathematics Education 1(1): 36-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1679

Article Metrics

Abstract - 427 PDF - 385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.