MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MOBILE LEARNING) BERBASIS ANDROID
Abstract
Penggunaan Smartphon sudah meluas dalam lapisan masyarakat, tidak terkecuali pada tingkat pelajar. Keberadaan smartphon terkadang menjadi kontraproduktif pada tingkat pelajar karena konten yang di akses kebanyakan tidak terkait dengan materi pembelajaran paada tingkatannya. Untuk menekan dampak negative penggunaan smartphon maka diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam smartphon tersebut. Tujuan penelitian pada makalah ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan mobile learning berbasis android. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 8 SMP Islam Bahrul Ulum, Tasikmalaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan evaluasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran matematika menggunakan mobile learaning berbasis android ini dapat diterima dengan baik oleh siswa dan bisa menjadi tambahan pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Nomor 1, (2017), Hal 26-27. Di ambil dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna/article/view/952/804.
Damayanti, S & Apriyanto, M.T, (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tornament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 02 (02), 235-244. Http://journal.lppminindra.ac.id/index.php/jkpm/
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1 (4), (114-115). Di ambil dari http://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.
Fazar, I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Matematika , 32. Di ambil dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/974.pada tanggal20 Mei 2018.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter.Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 1, No. 2, (2014), hal 30. Di ambil dari https://drive.google.com/file/d/0B-k3cSUkM3IyY1UwYVhtZXVGNUE/view.
Lubis, Isma Ramadhani.,Solihah, M., & Dkk. (2015). Pengembangan Media Mobile learning Chemondro Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) , 469-470. Di ambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/8313/6038.
Maulana, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile learning Dengan Platform Android Materi Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup (K3lh) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7 (2), 198.Di ambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/6870/pdf.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1690
Article Metrics
Abstract - 3233 PDF - 3588Refbacks
- There are currently no refbacks.