PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM SETTING MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEJUJURAN
Abstract
Pembelajaran biasa (konvensional) yang hanya berpusat kepada guru dan siswa hanya sesekali dapat bertanya, mencatat hal yang dianggap penting dari penjelasan guru. Akibatnya, keterampilan berpikir tinggi seperti kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pemecahan masalah kurang berkembang. Selain menekankan aspek kognitif, pembelajaran hendaknya juga menekankan aspek afektif siswa dalam pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam setting model Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan kejujuran siswa lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kejujuran siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir kemampuan berpikir kreatif matematis dan rata-rata kejujuran siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam setting model Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.
Full Text:
PDFReferences
Azhari. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivissme. Dapat diakses di: ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/download/992/364
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mahmudi, A. (2009). Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Seminar Nasional, Aljabar, Pengajaran dan Penerapannya. FMIPA UNY.
Pranoto YKS. (2011). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/962/899
Riduwan dan Akdon. (2006). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta: Bandung.
Suherman, E., dkk. (2003).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.
Eprilian, dkk. (2015). Penerapan Treffinger Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian. Dapat diakses: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8754/5467
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1698
Article Metrics
Abstract - 370 PDF - 344Refbacks
- There are currently no refbacks.