ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA BAYES
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menemukan penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Teorema Bayes. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah Tes Penyelesaian Soal Teorema Bayes dan pedoman wawancara. Terdapat 3 subjek penelitian dan diperoleh jenis-jenis kesalahan mahasiswa yaitu: (1) kesalahan konseptual berupa kesalahan penggunaan rumus dan menggunakan rumus yang tidak sesuai dengan kondisi berlakunya rumus; (2) kesalahan prosedural berupa ketidakterarturan dan tidak dapat melanjutkan langkah-langkah penyelesaian, serta tidak dapat mengubah ke bentuk sederhana; (3) kesalahan tehnik berupa kesalahan menghitung dan penulisan. Faktor penyebabnya dikarenakan belum memahami materi prasyarat, belum memahami konsep Teorema Bayes, ragu, tidak yakin, salah hitung, terburu-buru, kurang teliti, serta kurangnya keterampilan menghitung.
Full Text:
PDFReferences
Angela, F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik Dan Teoretik Pada Siswa Kelas Viii Smp Di Kabupaten Siak. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7692
Fadiastuti, A., Sesanti, N. R., & Farida, N. (2018). Kesalahan Dalam Pengerjaan Soal Cerita Matematika Materi Persamaan Kuadrat Berdasarkan Kriteria Watson Materi Persamaan Kuadrat. Seminar Nasional FST 2018 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 508–520.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties Of High School Students In Solving HOTS Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 97–106.
Hayati, L. (2019). Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram Mataram , 11-12 Oktober 2019 Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Matematika. 11–12.
Indriani, A. (2020). Investigasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 158. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7174
Kumalasari, E. (2016). Analisis Faktor Kesulitan Terhadap Kesalahan Penyelesaian Soal Persamaan Linier Berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Bloom (Studi kasus terhadap mahasiswa Teknik Informatika 2015/2016). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 113–122.
Muhammad Toha, Ade Mirza, D. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp. JPPK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 5–24. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/23626/18546
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas 7 SMP dalam Penulisan Himpunan. … IKIP Budi Utomo, 456–460. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/895
Putro, E. P., & Darminto, B. P. (2012). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Semester Statistika Dasar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Ekuivalen, 18(1), 63–68. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2707/2554
Rafi, I., & Retnawati, H. (2018). What are the common errors made by students in solving logarithm problems? Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012157
Taufik, A. (2016). Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 41–54. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.280
Ulifa, S. N., & Effendy, D. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Error Analysis Of Students In Math Problem Solving In The Matter Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123–133.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6855
Article Metrics
Abstract - 449 PDF - 525Refbacks
- There are currently no refbacks.