HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII DI MTS NAHDLATUL ULUM KRESEK TANGERANG

Achmad Fauzi, Cicih Purwaningsih, Nasrullah Nasrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang bejumlah 140 siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu salah satu teknik non random sampling berjumlah 60 siswa. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan uji deskriptif, normalitas, homogenitas, regresi linearitas dan koefisien determinasi sehingga dapat diketahui hasil penelitiannya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulum Kresek Tangerang dengan derajat korelasi searah dan sedang sehingga Ha diterima.

Kata kunci: Kebiasaan, membaca Al-Qur’an, kecerdasan spritual

References


Alda Novira Ainu Sabila, Pengaruh Rutinitas membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Kelas IX MTs Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputa. Vol. 03, No 01, Mei 2022

Agustin, Ginanjar Ary. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada

Arif. (2021). Manajemen Pendidikan. Medan: Garuda

Arif Armai. 2002. Pegantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Azzet Ahmad. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta: Katahati

Tridhonanto. Al. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i2.10313

Article Metrics

Abstract - 274 PDF (Bahasa Indonesia) - 287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats