The Value of Nationalism in the Turbulent Script of Away Enawar's Collection of Rhymes to the Torn Heart and Its Relevance to Literature Learning in High School
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfaqi, M.Z. (2016). Memahami Indonesia melalui Sikap Nasionalisme dibutuhkan oleh Masyarakat
Indonesia. Jurnal: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 28 (2).
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Dewi, Silvya Mega & Teti Sobari. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan
Metode Pembelejaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Jurnal:
Parole. Vol 1 (6).
Ernawati, Zeni., Sri Mariati & Titik Maslikatin. 2017. Kajian Psikologi Wanita Tokoh Utama Novel
Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan M.N. Jurnal Publika Budaya. Vol 5 (2).
Hermawan, Dani & Shandi. 2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya
Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia &
Pengajarannya. Vol 12 (1).
Huda, Miftakhul, Hasjim, Nafron, & Sunanda, Adyana. 2009. Pembelajaran Sastra: Metode
Pengajaran dan Respon Siswa. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 10 (1).
Kosasih, E. (2019). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nilawijaya, Rita & Awalludin. (2021). Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa
Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal: SILAMPARI
BISA. Vol 4 (1).
Nisdawati. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis dalam Menulis Istrumen Penilaian
dengan Teknik Tiru Model Supervisi Assessment. Indonesian Journal Basic Education. Vol 12
(1). ISSN: 2615-5796.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Prayitno, Hendi Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik
Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Jurnal: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2 (1).
Rachmad, Djoko Pradopo. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Penulis.
Riska, Dwi Fitria. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di
Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Jurnal Educare: Journal of Primary Education. Vol
(2).
Setiawan, Wandi., Tanti Agustiani., David Setiadi. (2020). Analisis Nilai Religius dalam Novel Ranah
Warna Karya Ahmad Fuadi dan RPP Kelas XII. Jurnal: Bahastra. Vol 5 (1).
Sipayung, Margaretha Ervina. (2016). Konflik Sosial dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari:
Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal: Sintesis. Vol 10 (1).
Suryaman, Maman. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.Jurnal Cakrawala
Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 3 (2010).
Tarigan, Br & Nadya Verina. (2020). Analisis Penerapan Model Example Non Example dalam
Pembelajaran Menulis Teks Iklan. Universitas HKBP Nonmensen.
Wahyuni, Risti. 2014. Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Jogjakarta: Saufa.
Wellek, Warren. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Yaqien, Ilmal. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata.
Jurnal: Solid ASM Mataram. Vol 8 (2).
Yasinta, Mahendra. (2018). Manajemen Karakter Peserta Didik melalui Keterampilan Menulis Kritis.
Jurnal: Al-Idarah. Vol 8 (2).
Hartanto, B. H., Trisnasari, W. D., Goziyah, G., Rochmah, E. C., & Fauzan, M. D. (2022). Kearifan
Lokal dalam Cerita Rakyat Provinsi Banten Sebagai Upaya Mengembangkan Sejarah
Kebudayaan Banten: Local Wisdom in Folklore of Banten Province As an Effort to Develop
the Cultural History of Banten. Jurnal Bastrindo, 3(1), 14–27.
Muffidah, R., Anggraini, N., & Purawinangun, I. A. (2021). Analisis Wacana Kritis Dimensi Teks
Model Teun a. Van Dijk Pada Teks Berita Siswa Kelas Viii Smpn 28 Kota Tangerang.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 33–42.
Oktafiani, N., Goziyah, G., & Solihat, I. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA
ARTIKEL PENDIDIKAN KORAN RADAR BANTEN DAN IMPLIKASINYA DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD DILARAF ISLAMIC SCHOOL.
Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 4(2).
https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/7434
Sulaeman, A., Hun, K. Y., & Ferdianda, A. (2021). Ecocritics In Song Lyrics Collection By
Barasuara And Its Implication Towards The Indonesian Language Learning Material In
Senior High School (Kumpulan Lirik Lagu Barasuara Band Karya Iga Dada Yudhistira
Massardi Dan Implikasi Dengan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah
Menengah Atas Kajian Ekokrtik Sastra). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 103–116.
Tartila, R., Anggraini, N., & Faizah, P. N. (2023). Intrinsic Elements and Moral Values in The
Anthology of Aim Short Stories by Kholifatul Fauziah. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa
Dan Sastra Indonesia, 7(1), 48–62.
Yusuf, M., Purawinangun, I. A., & Anggraini, N. (2022). Analisis afiksasi pada teks eksposisi
karangan siswa kelas 8 SMP Bina Mandiri Teluknaga (kajian morfologi). Lingua Rima:
Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 149–163
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i2.10924
Article Metrics
Abstract - 188 PDF - 73Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.