THE INFLUENCE OF PRODUCT KNOWLEDGE, PRODUCT VARIATIONS AND SALES PROMOTION ON PURCHASING DECISIONS AT PT SAN TRACO ADIDAYA BATAM
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT San Traco Adidaya. Permasalahan yang didapati dari perusahaan ini adalah konsumen masih kurang memahami secara luas produk Blasting Helmet yang akan dibeli. Permasalahan selanjutnya yang didapati adalah variasi produk Blasting Helmet yang dijual kurang bervariasi dengan pesaingnya. Permasalahan lainnya yang didapati adalah promosi penjualan Blasting Helmet yang dilakukan tidak terealisasi dengan baik sesuai dengan jumlah target konsumen yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, variasi produk, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di PT San Traco Adidaya. Dengan menggunakan sampel sebanyak 105 responden dan menerapkan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan analisis data menggunakan uji kualitas data, seperti uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik termasuk uji normalitas, uji multikolinieritas, serta uji heteroskedastisitas. Uji pengaruh melibatkan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinan, sementara uji hipotesis melibatkan uji t. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan produk, variasi produk dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan pembelian di PT San Traco Adidaya.
Full Text:
PDFReferences
Agustino, & Syaifullah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Long Time. Jurnal EMBA, 8(1), 627–636.
Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Jurnal of Management YUME, 3(1), 14–29.
Armansyah, D. B. A., & Soebiantoro, U. (2023). The Effect of Price Perception, Product Variations, and Brand Ambassador on Purchase Decisions of Aice Products in Gresik Regency. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 3(9), 1851–1856. https://doi.org/10.55677/ijssers/V03I9Y2023-09
Aropah, D. Z., Wijayanto, H., & Wahyuningsih, D. W. (2022). Pengaruh E-WOM, Pengetahuan Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Bekas Bergaransi Ex Internasional di Ponorogo. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 344–358.
Faithya, N. K., & Purnama, H. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan Pada UD. Sumatra Baja di Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 8(2), 207–214.
Hapsari, W., Palinggi, Y., & Idham. (2021). Pengaruh Mutu Produk, Persepsi Harga dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Serba 45.000 Ditenggarong). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 21(2), 140–154.
Khairunnisa, S., Muhlisin, S., & Yono. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Halal di Kota Bogor. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 473–492.
Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 157–161.
Kridaningsih, A. (2020). Pengaruh Harga dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition di Kota Mojokerto. JBMA, VII(2), 1–10.
Nabila, L. D., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Dompet Digital dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034–1040.
Nazmi, H. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Furing Prima Pada PT. Biru Indokon. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 6(1), 79–88.
Nugraha, A. C., & Nugraha, H. S. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya di Nasmoco Kaligawe Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–8.
Nurcaya, I. N., & Rastini, N. M. (2020). Sikap Etnosentrisme Memoderasi Pengaruh Product Knowledge, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(1), 56–60.
Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374.
Rajaguguk, A., Effendi, M., & Suryani, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Homesmart Rantau Prapat (Studi Kasus Saat Pandemi COVID-19). Jurnal Warta Dharmawangsa, 15(2), 292–298.
Sugiharto, A., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Area Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 7(2), 143–162.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Alfabeta, Ed.).
Aprian, Anggriani, I., & Gayatri, I. A. M. E. M. (2020). Pengaruh Lokasi , Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Air Nipis Tani Bengkulu Selatan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 8–19.
Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53–62.
Damayanti, E., & Nabila, N. I. (2023). Pengaruh Kemasan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc di Bandar Lampung. Economics and Digital Business Review, 4(2), 327–344.
Diantika, A. R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Ketersediaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hikmah Mart Jajar Wates. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 175–188. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.390
Haitao, N. (2022). Analysis of Product Variety and Price on Purchase Decisions. International Journal of Advanced Multidisciplinary, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.38035/ijam.v1i1.69
Harahap, R. S. P. (2020). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Membeli Produk Makanan Dan Minuman (Studi Kasus Lingkungan Vi Kelurahan Nangka Binjai Utara). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 354. https://doi.org/10.30829/ajei.v5i2.8447
Jimmy, J., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Personal Selling, Promosi dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Advan PT Maju Telekomunikasi Batam. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 90. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.918
Juliany, E. (2021). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk, Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite Di Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 2(1), 162–173.
Komalasari, F., Christianto, A., & Ganiarto, E. (2021). Factors Influencing Purchase Intention in Affecting Purchase Decision: A Study of E-commerce Customer in Greater Jakarta. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 28(1). https://doi.org/10.20476/jbb.v28i1.1290
Mardhiyyah, Y. S., Wijaya, S. U., Satiti, D., & Lailatus, N. (2023). The influence of jenang ayas label and packaging on customer purchase decision. Agrointek, 17(3), 622–631. https://doi.org/10.21107/agrointek.v17i3.15789
Matondang, Z., Fadlilah Nasution, H., & Saefullah, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 18–38.
Melinda, R., Yusuf, M., & Nurrahman. (2022). Hubungan Kualitas , Harga Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tulang Muda Sapi Sinar. Seminar Nasional UNIMUS, 5(1), 350–362.
Palupi, B. P. N., & Merry, S. (2022). Pengaruh Kemasan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Makanan Tradisional pada UD. Omah Jenang Ds. Rejowinangun Kec. Kademangan Kab. Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 7(2), 107–114. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19115
Putri, M., & Firmansyah, D. (2022). Pengaruh Variasi Produk Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Home Industry Bintang Bakery Kabupaten Bireuen). VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14(3), 149–153. https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1505
Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2419
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wasiman. (2023). Perilaku Konsumen di Era Bisnis Transformasi Digital. https://doi.org/Dewa Publishing
Wilianna, & Saputra, A. (2021). Pengaruh Kemasan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Pada Pt Pacific Batam Perkasa. Scientia Journal, 3(1).
Immawati, S. A., & Budi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Yang Diproduksi Pt. Hijab Alila. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 117-136.
Rauf, A., & Apriyanti, M. D. (2022). LOYALITAS PELANGGAN: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 106-115.
Kusdianto, K., & Priyatna, E. H. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PELAYANAN DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Pada Auto 2000, Pasar Kemis). Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 137-148.
Yuliyzar, I., Rauf, A., & Widiyasari, W. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUPASAN PELANGGAN PT. MITRA BANGUN CEMERLANG. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 11-25.
Delia, R. (2023). PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA E-COMMERCE DI JABODETABEK (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Denia, R. (2023). Pengaruh sales promotion dan hedonic shopping terhadap impulse buying behavior melalui positive emotion pada pengguna e-commerce di Jabodetabek.
Taufik, R. F. A. N., Tarto, T., & Trisavinaningdiah, A. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN SATE TAICHAN 8 TANGERANG BERDASARKAN DIGITAL MARKETING DAN INFLUENCER. Digital Business Journal, 1(2), 128-142.
Priyatna, E. H., Lutfia, L. N., & Masturo, M. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impluse Buying. Digital Business Journal, 1(2), 98-112.
Rauf, A., & Zatira, D. (2022). Analisis Digital Marketing Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Digital Business Journal, 1(1), 39-51.
Dewi, E., Pambudi, J. E., & Priyatna, E. H. (2022). Minat Menggunakan Dompet Digital OVO: Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan Pelanggan. Digital Business Journal, 1(1), 1-13.
Taufik, R. F. A. N., & Febrianto, H. G. (2022). Property product purchase decision analysis with digital marketing and brand trust approach. Digital Business Journal, 1(1), 26-38.
Mikrad, M., Budi, A., & Fitriana, A. I. (2022). Perkembangan Umkm Dengan Financial Technology Dan Digital Marketing Sebagai Variabel Prediktor. Digital Business Journal, 1(1), 14-25.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v8i2.10716
Article Metrics
Abstract - 430 PDF - 280Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini telah terindeks dalam:
Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com
Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International