DRIVING FACTORS OF BUSINESS PERFORMANCE: HOW INNOVATION, EXPERIENCE, AND CREATIVITY AFFECT BAMBOO CRAFT ENTERPRISES IN BANYUWANGI
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aisha, I., Istighfan, Y., Karimatussya, I., Kurniawan, A., Kholil, M., & Wihartati, W. (2024). Penguatan Ekonomi Lokal Desa Sendangdawung Melalui Workshop dan Pendampingan UMKM Strengthening the Local Economy of Sendangdawung Village Through Workshops and Mentoring for MSMEs. 4.
Aisyi, R., Ummah, R., Humaira, R., Bila, S., Al, A. F., & Lhokseumawe, I. (2024). Pelatihan Digital Marketing bagi Pedagang Kecil di Gampong Keude Karieng untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 106–116.
Ardy, M., Games, D., & Sari, D. K. (2023). Inovasi Produk, Kreativitas, Orientasi Berwirausaha, Orientasi Pasar, Lokasi Dan Keberhasilan Usaha. Journal Publicuho, 6(3), 908–915. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i3.216
Ariantini, N. P. O. (2020). Pengaruh Pengajaran Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Berwirausaha Alumni Akademi Komunitas MAPINDO. Journal Research of Management, 7(2), 58–69.
Awa, Palahudin, Naila Sya’diah, C. Z., & Fauziah, N. R. (2024). Keberhasilan Usaha Berdasarkan Digital Marketing, Kreativitas,dan Inovasi pada UMKM Konveksi di Kabupaten Bogor. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7813–7830.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Dwinov, T., Ramitha, A., Siregar, A., Cahyadi, W., Studi, P., Sekolah, M., Ilmu, T., Bina, E., Kota, K., & Tinggi, T. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Keterampilan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening Pada UMKM Kota Tebing Tinggi. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 1563–1577.
Erawati, T., Putri, F. K., Jannah, I., Pandia, S. P., Seran, A. E., & Kaleka, F. A. (2024). Faktor Faktor Keberhasilan Usaha UMKM Study Literatur Review. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(4), 13316–13329.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivarite dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gohae, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Berwirausaha Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Usaha Key Florist Di Kecamatan Lahomi). Jurnal Uniraya, 5 No 1(1), 51–57.
Habibi, F. A., Sumowo, S., & Murtaliningtyas, W. (2022). Studi Empiris Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Sun Osing Banyuwangi Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(10), 2023. https://doi.org/10.36841/jme.v1i10.2251
Hendriati, Y. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Pertumbuhan UMKM di Kawasan JABODETABEK. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 7188–7202.
Hindarwati, E., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan dalam Kinerja UMKM di Jember. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 54. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5308
Indra Gunawan. (2022). Sistematika Literature Review Dampak Kepercayaan Diri pada Kesuksesan Pengusaha. Journal of Management and Bussines, 6(4), 1–23.
Kirana, A. Y., Saifudin, M., Mukhlisin, M. M., Fatmawati, N., & Ansori, M. I. (2023). Transformasi Digital terhadap Sumber Daya Manusia sebagai Upaya Meningkatkan Kapabilitas Perusahaan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(4), 19–36. https://doi.org/10.30640/digital.v2i4.1707
Lestari, S. (2022). Implementasi Konsep Kebijakan Smart City Terhadap Efektivitas Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Marti Utari, Lailatur Rahmi, Ferizka Tiara Devani, Egga Asoka, & Zulkarnain, M. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Penjualan UMKM (Studi Kasus “OH MY PIE CROFFLE”). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(2), 78–86. https://doi.org/10.70182/jca.v1i2.3
Mubarok, Sari, Wibowo, M. (2025). Comparative Study of Artificial Intelligence (AI) Utilization in Digital Marketing Strategies Between Developed and Developing Countries: A Systematic Literature Review. Ilomata International Journal of Management, 6(1), 156–173. https://doi.org/10.61194/ijjm.v6i1.1534
Nuratri, B., & Sofiati, E. (2024). Strategi Inovasi Kewirausahaaan Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracodong Kota Bandung. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(September), 457–464.
P. Julius F, Nagel, A. S. (2021). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Kewirausahaan Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Umkm Makanan Minuman Di Surabaya. Prosiding HUBISINTEK, 2(1), 5-6. https://www.ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1484/1138
Putri Amanda, D., & M. Nawawi, Z. (2022). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Keberhasilan Usaha. ManBiz: Journal of Management and Business, 2(2), 146–149. https://doi.org/10.47467/manbiz.v2i2.1906
Rahmatullah, R., & Hasyim, S. H. (2023). Kepercayaan Diri, Kreativitas dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Milenial. Indonesian Journal of …, 5(2), 157–166. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/view/2026%0Ahttps://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/download/2026/698
Setiany, Y. I. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengalaman Usaha dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha ( Studi Pada UMKM Kuliner di Kota Banjarbaru. Kindai, 20(2), 159–172.
Sofia Zahra, Zyhan Risty Andini, Leoni Sabrilina Putri, & Mansur Keling. (2023). Menggali Potensi Kewirausahaan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i1.592
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Syafei, D., & Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah Pada Penjahit Pakaian Di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Oku. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2), 105–127. https://doi.org/10.54895/jmbu.v2i2.1024
Tuzzahrok, F. S., & Murniningsih, R. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kreativitas dalam Membentuk Jiwa Kewirausahaan terhadap Womenpreneur. Jurnal Unimma, 2013, 765–769. https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/6015
Utomo, K. P. (2021). Dasar Manajemen dan Kewirausahaan. In Widina. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Zakiah, R. A. (2024). Peluang dan Tantangan Usaha - Usaha Penjualan Produk Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Neraca Manajemen, Ekonomi, 11(5).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v9i2.13885
Article Metrics
Abstract - 527 PDF - 136Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini telah terindeks dalam:
Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com
Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International