ANALISIS ETIKA BISNIS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. MODERN MULTI KEMASINDO - TANGERANG

Tri Endi Ardiansyah, Iwan Rofiq Setiawan, Elin Rahmantika

Abstract


Banyak Kasus bisnis yang terjadi, dimana di masa awal usahanya sangat baik namun harus kandas dalam waktu yang relatif singkat hanya karena tingginya kekecewaan pelanggan sebagai dampak dari etika bisnis yang tidak diterapkan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika bisnis dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Modern Muti Kemasindo secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 92 responden dari total populasi120 pelanggan aktif  PT. Modern Multi Kemasindo. Data yang digunakan adalah data primer dengan survey dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial etika bisnis (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas Pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Pelanggan. Secara simultan etika bisnis (X1) dan kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Pelanggan (Y). Besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel etika bisnis (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan adalah 54,4 % sedangkan sisanya 45,6% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Abdurrahman & Sanusi. 2015. Manajemen Strategi. Bandung: CV PustakaSetia.

Amal, Masyrifatul. 2017. Pengaruh Kulaitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (studi kasus pada Dealer Resmi Honda Kompo Purbalingga). Purbalingga.

Ardiansyah, Tri Endi. 2018, Etika Komuikasi Bisnis, Tangerang: Modul Kuliah, Fakultas Ekonomi Dan Bissnis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing is an Introducing Prentice Hall twelft edition”, England : Pearson Education, Inc

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Bayhaki.2016. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Subur Makmur Sentosa Cikupa.Tangerang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, Sari. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Telkom Indonesia (Studi Kasus Pada Pelanggan Plasa Telkom Iskandar Muda Medan).

Fahmi, Irham. 2017. Etika Bisnis: Teori Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Fauzan, dan Nuryana, Ida. 2014. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang. Malang.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

http://www.kemenperin.go.id/diakses pada 20 April 2019 16.10

https://www.academia.edu/37506558/Etika_Bisnis diakses pada 5 Agustus 2019 21.44

Kotler, Philip dan Kevin Lane keller. 2018. Manajemen PemasaranEdisi Ke-13 Jilid Jakarta: Erlangga.

Lubis, Alfi Syahri dan Andayani, Nur Rahmah.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam.Batam.

Musyana, Suyadi, Bambang, dan Suharso, Pudjo. 2017. Kepuasan Konsumen di Pasar Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo.Situbondo.

Novriandi.2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Indonesia Media Televisi (BIGTV).Tangerang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Nurhayati H, Suharto T, dan Wahyuningsih N. 2017.Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota pada BMT Al-Islihah Cabang Rajagaluh.Majalengka.

Prihanto, Hendi, 2018, Etika Bisnis & Profesi Sebuah Pencarian, Edisi ke-1 Cetakan ke-1, Depok: Rajawali Pers.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran, Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v4i1.3019

Article Metrics

Abstract - 679 PDF - 626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Dynamic Management Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Dynamic Stats