PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI HOTEL LIBERTA KEMANG JAKARTA

Ayu Yulianti Putri, La Mani

Abstract


Kunci keberhasilan industri hotel ditentukan oleh kepuasan para tamu dan kepuasan para tamu sebagian besar ditentukan oleh pelayanan dan keramahtamahan yang diberikan oleh seluruh karyawan hotel dari pucuk pimpinan sampai dengan para petugas di lapangan. Salah satu aspek penting yaitu memelihara kualitas kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja, dan komunikasi terhadap kinerja pegawai di Hotel Liberta Kemang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 30 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 70,5% faktor-faktor kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh kepemimpinan, lingkunan kerja dan komunikasi sedangkan sisanya 29,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kepemimpinan, lingkunan kerja dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (24,076) > Ftabel (2,980). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan menunjukkan hasil analisis thitung (0,271) dan variabel lingkungan kerja menunjukkan hasil analisis thitung (0,463) dimana ttabel (2,055) maka secara parsial kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Hotel Liberta Kemang. Adapun variabel komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Hotel Liberta Kemang dengan nilai hasil analisis thitung (5,052). Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai di Hotel Liberta Kemang adalah komunikasi dengan nilai sebesar 0,764.

Full Text:

PDF

References


Akoi, Shwana Mohammed, and Mehmet Yesiltas. 2020. “The Impact of Human Resource Development (Hrd) Practices on Organizational Performance: The Mediating Role of Human Capital.” Revista de Cercetare Si Interventie Sociala 70:90–118. doi: 10.33788/rcis.70.7.

Ali, Bayad Jamal, Pakzad Fadel Saleh, Shwana Akoi, Aram Ahmed Abdulrahman, Awezan Shamal Muhamed, Halwest Nowzad Noori, and Govand Anwar. 2021. “Impact of Service Quality on the Customer Satisfaction: Case Study at Online Meeting Platforms.” doi: 10.22161/ijebm.5.2.

Ali, Bayad Jamal, Bayar Gardi, Baban Jabbar Othman, Shahla Ali Ahmed, Burhan Ismael, Pshdar Abdalla Hamza, Hassan Mahmood Aziz, and Bawan Yassin Sabir. 2021. “Hotel Service Quality : The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction Hotel Service Quality : The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction in Hospitality.” (May). doi: 10.22161/ijebm.5.3.2.

Beauty, Masevo, and Osaro Aigbogun. 2022. “Effects of Leadership Styles on Employee Performance: A Case Study of Turnall Holdings LTD, Harare.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 12(1). doi: 10.6007/ijarbss/v12-i1/12037.

Creswell, John W. 2009. “Table of Contents PART I - Preliminary Considerations.”

Eyoun, Khalid, Han Chen, Baker Ayoun, and Aahed Khliefat. 2020. “International Journal of Hospitality Management The Relationship between Purpose of Performance Appraisal and Psychological Contract : Generational Di Ff Erences as a Moderator.” 86(December 2019). doi: 10.1016/j.ijhm.2020.102449.

Ghebregiorgis, Fitsum, and D. Ph. 2018. “Factors Influencing Employee Performance in Hotel-A Comparative Study of Government and Privately Owned Hotels in Eritrea.” 5(11):1–9.

Kuruparensothynathan, Prathayini, and V. Maryselesteena. 2016. “IMPACT OF WORKING ENVIRONMENT ON EMPLOYEES’ PERFORMANCE: AN EMPRIAL STUDY OF INSURANCE COMPANIES The Green Roles of HR Professionals: Green Human Resource Management Perspective View Project IMPACT OF WORKING ENVIRONMENT ON EMPLOYEES’ PERFORMANCE: AN EMPR.” doi: 10.13140/RG.2.2.12235.54563.

Neves, Pedro, and Robert Eisenberger. 2012. “Management Communication and Employee Performance: The Contribution of Perceived Organizational Support.” Human Performance 25(5):452–64. doi: 10.1080/08959285.2012.721834.

Paiva, Inna Sousa, Paulo Reis, and Isabel Costa Lourenço. 2016. “Research in Hospitality Management and Accounting: A Research Synthesis and Analysis of Current Literature and Future Challenges.” Problems and Perspectives in Management 14(4):83–91. doi: 10.21511/ppm.14(4).2016.10.

Pradhan, Rabindra Kumar, and Lalatendu Kesari Jena. 2017. “Employee Performance at Workplace: Conceptual Model and Empirical Validation.” Business Perspectives and Research 5(1):69–85. doi: 10.1177/2278533716671630.

Veliu, Liridon, Mimoza Manxhari, Visar Demiri, and Liridon Jahaj. 2017. “Social Sciences THE INFLUENCE OF LEADERSHIP STYLE S ON EMPLOYEE ’ S PERFORMANCE.” 31(2):59–69.

Zhenjing, Gu, Supat Chupradit, Kuo Yen Ku, Abdelmohsen A. Nassani, and Mohamed Haffar. 2022. “Impact of Employees’ Workplace Environment on Employees’ Performance: A Multi-Mediation Model.” Frontiers in Public Health 10. doi: 10.3389/fpubh.2022.890400.

Nilawati, S. (2020). Pengaruh Budaya Kaizen Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Surya Toto Indonesia. Dynamic Management Journal, 3(2).

Dadang, D., & Heriyanto, F. (2020). PENGARUH BRIEFING KERJA DAN PERAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GMF AEROASIA Tbk. Dynamic Management Journal, 4(1).

Lestari, S. D., & Emi, E. (2021). PENGARUH CAREER PATH DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT WIJAYA ANUGERAH CIPTA OPTIMA. Dynamic Management Journal, 5(2), 83-93.

Priyatna, E. H. (2021). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN BALARAJA. Dynamic Management Journal, 5(1), 78-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7580

Article Metrics

Abstract - 1639 PDF - 1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International