THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ADVERTISING AND CELEBRITY ENDORSERS ON CONSUMER BUYING INTEREST

Metha Dwi Apriyanti, Oka Adi Prasetya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Iklan Media Sosial Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada produk Evilspirit di kota Jakarta Barat). Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probabilitas pada sampling jenuh, sehingga diperoleh jumlah populasi dan sampel digabung menjadi sebanyak 65 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian pada tarafsignifikasi 5% menunjukkan bahwa : (1) Iklan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7,901 > 1,99983) dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), (2) Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (5,335 > 1,9983) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan (3) Iklan Media Sosial dan Celebrity Endorser bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (37,891 > 3,15). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Iklan Media Sosial dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen melalui pengujian Koefisen Determinasi (R2) dengan kontribusi pengaruh sebesar 0,55 atau sebesar 55% dan sisanya 0,45 atau 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian dengan ini persamaan regresi linear berganda. Y = 10,660 + 0,489X1 + 0,239X2 + 𝜀


Full Text:

PDF

References


Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Di Kota Surabaya. Jurnal Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. Https://Doi.Org/10.33319/Sos.V20i2.42.

Ardiansyah, T. E., Rauf, A., & Maryana, S. (2022). Lifestyle Dan Trust Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemesanan Taxi Online. Jurnal Ekonomi, 27(3), 460-477.

Baskoro, N.M. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olahraga Adidas Di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran

Budi, A., Priyatna, E. H., & Taufik, R. F. A. N. (2022). Pengaruh Pelayanan Sistem Online Dan Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus Budiman. Dynamic Management Journal, 6(1), 42-54.

Endi, T., Rauf, A., & Humairoh, H. (2023). Strategi Marketing Berbasis Customer Relation Management.

Febriyanti, R. S., & Anik, W. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen2, 5(5), 1–18.

Herawati, H. (2020). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram Dan Celebrity Endorser ( Selebgram ) Terhadap Minat Beli. Journal Of Management Pemasaran, 53(9), 1689–1699. Https://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Index.Php/Manajemen/Article/View/1191.

Humairoh, H., & Annas, M. (2023). Increasing Consumer Purchasing Decisions with Sales Promotion and Service Quality. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 4(2), 301-313.

Humairoh, H., Febriani, N., & Annas, M. (2023). Determinasi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi Tiktok. Dynamic Management Journal, 7(1), 71-88.

Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.

Junia, M. & Rosyad, N.R. 2015. Kajian Hubungan Antara Iklan Di Media Sosial Dengan Minat Beli Konsumen. Proceeding Of Communication Management, 3:55-60.

Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran Edisi Mellenium. Jakarta: Pt Prenhalindo. Moch Hari Purwidiantoro, Dany Fajar Kristanto S.W., W. H. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (Ukm). Amik Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39.

Perwithasari, R., & Kurniawan, M. (2022). Analisis Sosial Media Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan. Dynamic Management Journal, 6(2), 160-174.

Prabowo, Y.W. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengunjung 3second Store Di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2):1-7.

Priyatna, E. H., & Agisty, F. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Sociolla. Dynamic Management Journal, 7(1), 104-113.

Purnama, A. S., & Muljadi, M. (2021). Influence of interest and motivation to learn about student learning outcomes at STAB Dharma Widya in Tangerang City. Dhammavicaya: Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(1), 30-45.

Putra, A. & Heriyanto, M. 2017. Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru. Disertasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Riau.

Putri, C.S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5):594-603.

Putri, N, A., Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda Di Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan. 1(1), 31 – 42.

Raheni, C. (2018). The Effect Of Social Media On Consumer Buying Ipengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 82–85. Http://Jurnal.Unismuhpalu.Ac.Id/Index.Php/Jsm.

Rahima, P. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Di Media Sosial Instagram Dalam Promosi Produk Hijab Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Wiriamaeazzahra) Phyta Rahima Dosen Prodi D3 Manajemen Informatika Stmik Bumigora Mataram Pendahuluan Pertum. Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan, 4, 50–60.

Rauf, A. (2023). Keputusan Pembelian: E-Promotion Dan Kualitas Layanan. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1-11.

Rauf, A., & Zatira, D. (2022). Analisis Digital Marketing Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Digital Business Journal (Digibis), 1(1), 39-51.

Rauf, A., Kusdianto, K., & Gustiani, L. P. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Merk Reloas Victory (Studi Pada Pengguna Instagram Di Kota Tangerang). Dynamic Management Journal, 5(1), 88-101.

Ruyatnasih, Y. & Megawati, L. 2017. Pengantar Manajemen Teori, Funsi Dan Kasus. Yogyakarta: Cv. Absolute Media.

Saepulloh, I., & Rauf, A. (2023, February). The Effect Of Perceived Price And Service Quality On Customer Satisfaction. In Proceeding Medan International Conference On Economic And Business (Vol. 1, Pp. 430-440).

Setiawati, M. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen.

Snki. 2022. Snlink Ojk 2022 : Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat. Https://Snki.Go.Id. (22 Januari 2022).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Pt Raja Grafindo Persada:Depok.

Sumarga, H. E., & Lestari, S. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 3(2).

Tjiptono, F. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-3. Yogyakarta: Andi.

Utami, L. P. & Marapung.,N, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Karyawan (Studi Di Pt. Mulia Boga Raya Tbk). Jurnal Parameter . 7(1). 96 – 108.

Wahyuni, E. D., & Raprayogha, R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Experience, Dan Income Terhadap Financial Behavior Pada Nasabah Kpn Al-Muawwanah Uin Alauddin Makassar. Study Of Scientific And Behavioral Management (Ssbm), 2(2), 310–31.

Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.

Yuliyzar, I., & Enjelita, S. D. (2020). Peningkatan Minat Beli Konsumen Melalui Daya Tarik Iklan Dan Label Halal Produk Lipcream Emina Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 4(1).

Yuliyzar, I., & Hakim, A. (2020). Kontribusi Brand Image, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Merek Xiaomi. Dynamic Management Journal, 4(2), 40-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i2.8645

Article Metrics

Abstract - 934 PDF - 637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International