The Relationship Between Residence With Parenting Style In Preschool Children

ovi maftukhatus maslukhah

Abstract


Parenting patterns are the active role of parents development of their children, there are several factors that influence parenting, one of  is the living environment, the environment where a family lives will cause the way parents apply parenting. This study aims to find the relationship between residence and parenting patterns of preschool children. This research is a quantitative study with an analytical survey research design with cross-sectional method.  Population of this research is all parents who have preschool age children in one kindergarten or SDN Bandar Agung in MUBA district and Bina Vita kindergarten in Palembang city with a large sample taken by purposive sampling technique totaling 116 respondents. The results showed that the parenting pattern of preschool children in rural areas was mostly authoritarian as much as 43.5%, parenting patterns for preschool children in urban areas were mostly permissive as much as 51.6%, and there was a relationship between residence and parenting patterns. preschool children with value = 0.000. This research  expected as information and contribution of thoughts to do parenting

Keywords: Residence; Parenting Style; Preschool

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad atabik & ahmad burhanuddin. Prinsip dan metode pendidikan Anak usia dini (2015) : tarbiyah stain kudus : 2015.

Ahsan, dkk . Hubungan antara pola asuh orang tua (ibu) yang bekerja dengan Tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah (4-5) tahun Di tk mutiara indonesia kedungkandang malang (2016) : fakultas kedokteran, universitas brawijaya 2016.

Anggraini, yetti. 2012. Pelayanan keluarga berencana. Rohima press :yogyakarta.

Anik, maryunani, (2012). Asuhan neonatus, bayi, balita anak prasekolah

Aritonang Tr. Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Pra Sekolah Di Tk Nusa Indah Bekasi 2012. Bekasin: Stikes Medistra Indonesia Bekasi; 2012.

Aziz. A. H. (2012) pengantar ilmu keperawatan anak 1. Jakarta. Selemba medika

Dariyo,2014. Psikologi perkembangan remaja. Jakarta: ghalia indonesia.

Dharma, k.k. Metodologi penelitian keperawatan (pedoman melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian ), cv trans info media, jakarta

Eko suryani & atik badi’ah (2018) asuhan keperawatan anak sehat berkebutuhan khusus. yogyakarta : pustaka baru press.

Ervin nurul affrida . Strategi ibu dengan peran gandaDalam membentuk kemandirian anak usia pra sekolah (2017) : pg-paud universitas pgri adi buana surabaya : 2017.

Fikawati sandra, ahmad syafiq, dan arinda veratamala gizi anak dan remaja.(2015). (egc.ed).jakarta.

Hidayat aa. Pengantar ilmu kesehatan anak untuk pendidikan kebidanan. JakartaSalemba medika; 2008.

Hurlock, b. E. (2012). Tinjauan tentang anak, pertumbuhan dan perkembangan Anak usia dini, iq, eq, cq dan konsep ruang bagi anak, 9–28.

Intan fazrin, dkk. Mengembangkan intelegensi quotient (iq) Pada anak prasekolah dengan stimulasi Keluarga Dan pendidikan anak usia dini (2017) : forum ilmiah kesehatan (forikes).

I ketut sukanta. Nilai-nilai pola asuhan orang tua Yang mendorong daya kreativitas anak (2018): fpips ikip saraswati.

Kementerian ri ( 2017). Data dan informasi profil kesehatan Indonesia. 2016 jakarta : kmenkes Ri.

Kementerian ri ( 2018). Data dan informasi profil kesehatan Indonesia. 2017 jakarta : kmenkes Ri.

Khadijah. 2016. Pengembangan kognitif Anak usia dini. Perdana publishing.Medan.

Lydia ersta kusumaningtyas. Dampak overprotektif terhadap Perkembangan kemandirian anak. 2015.

Masrun, dkk. 2009. Studi mengenai kemandirian pada penduduk di tiga suku(jawa, batak dan bugis). Kantor menteri negara dan lingkunganHidup: yogyakarta.

Mansur. 2014. Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Marmi dan kukuh rahardjo. (2014)asuhan neonatus, bayi, balita dan anak Prasekolah.

Miranti. 2015. Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekoah. Palembang sekolah tinggi ilmu kesehatan muhammadiah Palembang 2015

Miswar, f. M. 2015. Hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa dan bicara pada balita di posyandu gonilan surakarta. Surakarta: skripsi fakultas kedokteran universitas muhammadiyah surakarta, akses 12 juni 2015, .

Nadia uswatun hasanah,dkk . Pola pengasuhan orang tua dalam upaya pembentukan Kemandirian anak down syndrome (studi deskriptif pola Pengasuhan orang tua pada anak down syndrome yang bersekolah di kelasC1 sd-lb yayasan pembina pendidikan luar biasa bina asih cianjur) 2016.

Notoatmodjo, soekidjo. (2013) promosi kesehatan teori dan aplikasi : Jakarta.

Nursalam.2010 asuhan keperawatan bayi dan anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: salemba medika.

Santoso ayu winda utami & maherni adijanti. 2013. Perbedaankemandirian berdasarkan tipe pola asuh orang tua pada siswa smp negeri denpasar. Jurnal psikologi udayana. 1(1) : 54-62.

Setiadi.(2013). Konsep dan praktik penulisan riset keperawatan (2nd ed).

Soetjiningsih, dan gade ranuh. (2014) tumbuh kembang anak : edisi 2 : egc Jakarta.

Statistik pendidikan anak usia dini : 2017.

Susilowati. 2012. Pengukuran status gizi dengan antropometri gizi. Jakarta : cv. Trans info media.

Suparyono. 2010. Konsep pola asuh. (oneline).(http.//dr.suparyanto.com/2010/07/konsep-pola-asuh-anak. Diakses 27 maret 2012.

Sugiyono. (2015) statistik untuk penelitian : ikapi.

Supartini y. Buku ajar konsep Dasar keperawatan anak. Jakarta:Egc; 2014

Swarjana, ketut. 2015. Metodologi penelitian kesehatan. Edisi revisi.

T.s. widyaningsih, dkk . Hubungan pola asuh orang tua dengan Perkembangan kecerdasan emosi anak usia Prasekolah di tk panti puruhitaKrapyak kota semarang (2016) : stikes widya husada semarang 2016.

Wiratna sujaweni. (2014). Metodologi penelitian keperawatan non parametrik, Validitas, dan reliabitas : medical book.

Wiyani, novan ardy.2016. Bina karakter anak usia dini: panduan orangtua dan guru dalam membentuk kemandirian dan kedisiplinan anak usia dini. Ar-ruzz media: yogyakarta.

Yamin, martinis dan sabri, sanan j. (2013). Panduan pendidikan anak usiadini. Gaung persada press group: jakarta.

Yendrizal jafri & isna ovari. Pemberian stimulasi sosialisasi dengan perkembangan Sosialisasi pada anak prasekolah umur 36 – 47 bulan( 2015): stikes perintis padang : 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v4i2.1822

Article Metrics

Abstract - 208 PDF - 534

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v4i2.1822.g2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118