Addiction Relationship To Online Game Student Learning Motivation In High School

Shieva Nur Azizah Ahmad, Siti Latipah, elang wibisana, Siska Ainun Nissa

Abstract


Siswa SMA merupakan individu yang berada pada masa remaja. dimana di tahap usia perkembangannya remaja usia SMA sangat membutuhkan teman-teman,mereka akan senang jika banyak teman yang menyukainya sehingga mereka berusaha dengan cara apapun agar diterima oleh teman-temannya. Cara remaja untuk dapat diterima oleh teman-temannya yaitu mengikuti kegiatan atau trend tertentu yang sama dengan temannya salah satunya permainan game internet (game online). kemunculan beragam game online dapat bersifat negatif yaitu membuat pemainnya rentan terhadap kecanduan karena dimainkan secara berlebihan. Seorang siswa idealnya lebih mengutamakan belajar daripada bermain game online. Namun kenyataannya saat ini masih banyak siswa yang lebih mementingkan bermain game online daripada untuk belajar, sehingga hal ini dapat menurunkan motivasi belajar mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar siswa di SMA Yuppentek 1 Tangerang. Pada penelitian ini responden sebanyak 76 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi menggunakan rancangan cross sectional. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden dengan  kecanduan bermain game online tinggi sebanyak 39 responden (51,3%) dan mayoritas motivasi belajar responden rendah sebanyak 40 responden (52,6%). Sehingga memiliki hubungan kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar siswa di SMA Yuppentek 1 Tangerang yang ditunjukkan dari nilai p value (0,012) < α (0,05). Maka dari itu diharapkan siswa bisa memanfaatkan dan mengatur waktu dengan baik antara waktu untuk bermain game dengan waktu belajar


Full Text:

Ahmad_PDF

References


Ali, Z., dan Dwikurnaningsih, Y. (2019). Pengaruh Dari Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Kristen 2 Salatiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 122–133.

Anggarini, E. (2019). Hubungan Intensitas Bermain Games Online dengan Kualitas Tidur Pada Remaja di SMP Yapera Tangerang.

Anhar, R. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di kecamatan klojen kota malang. Skripsi Psikologi, 1–133. http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf

APJII. (2018). Penetrasi dan Profil Pengguna Internet Indonesia.

Edrizal, E. (2018). Pengaruh Kecanduan Siswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Siswa Bermain Game Online) Di Smp N 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 1001. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6543

Efendi ,N,A. (2014). Faktor Penyebab Bermain Game Online Dan Dampak Negatifnya Bagi Pelajar.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4483

Febriandari, D., Nauli, F. A., dan Rahmalia, S. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawtan Jiwa, 4(1), 10.

Hamid, A. (2017). Agama dan Kesehatan Mental Dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Kesehatan Tadulako, 3(1), 1–14.

Husna, N., Normelani, E., dan Adyatma, S. (2017). Hubungan Bermain Games dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 1–14.

Indahriani, A. (2019). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 2.

Infodatin. (2014). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (Vol. 4, Issue 1).https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.776

Ismi, N. dan Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

Izza, F. K. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Modopuro Mojosari. Fakultas Usluhuddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Jannah, N., Mudjiran, M., dan Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00

Jap, T., Tiatri, S., Jaya, E. S., dan Suteja, M. S. (2013). The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire. PLoS ONE, 8(4), 4–8. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0061098

Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rajawali Pers.

Kurniawan, A. (2019). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa.

Kurniawan, D.E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Koseling Gusjigang, 3(1), 97–103. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1120

Laili, F. M., dan Nuryono, W. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 21 Surabaya. Jurnal BK, 5(1), 65–72.

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., dan Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458

Lestari, M. A. (2018). Hubungan kecanduan game online dengan program studi S1 Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan.

Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan Neurobiologi. Journal of Sychology, 1(1), 1–16.

Manuputty, Jefrains, Ch, Sekplin, A.S, Sekeon, Grace, D. K. (2019). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Gamer Online Pengguna Komputer Di Warung Internet M2G Supernova Malalayang. Jurnal KESMAS, 8(7), 61–66.

Marlianti, D. (2015). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Pola Tidur Dan Motivasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun Di Sd Mattoangin 2 Kecamatan Mariso Kota Makassa. 1–94.

Masya, H., dan Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 97–112.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Novitasari, N. A. (2016). Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd gugus terampil kecamatan secang kabupaten magelang.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Pande, N. P. A. M., & Marheni, A. (2015). Hubungan Kecanduan Gameonlinedengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p05

Pangestika, N. R. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, 9–42.

Pratama, N.K, Rusyanto, dan Vitasari, I. (2020). Penerapan Hipnocaring Guna Mengatasi Kecanduan Game Online Yang Berlebihan. 1(1), 54–61.

Pratama, R.A , Widianti, E, dan Hendrawati. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Jnc, 3(2), 110–118.

Prastyo, Y. (2017). Pembagian Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan K-Means Clustering Serta Korelasinya Terhadap Prestasi Akademik. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 138–148. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17307

Putri, N. F. . (2018). Hubungan Antara Self Control Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah.

Putri , WH, D., Hartanto, F., & Hendrianingtyas, M. (2014). Hubungan Durasi Dan Frekuensi Bermain Video Game Dengan Masalah Mental Emosional Pada Remaja. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 3(1), 112619.

Ridho, S. (2018). Game Online Dan Religiusitas Remaja ( Studi Di Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara ) Skripsi Oleh : Sepri Ridho Npm : 1431090117 Program Studi : Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1440 H / 2018 M. 1–94.

Rismalinda. (2017). psikologi Kesehatan. Jakarta:CV Trans Info Media.

Rudhiati, F., Apriany, D., dan Hardianti, N. Hubungan durasi bermain video game dengan ketajaman penglihatan anak usia sekolah. 1(2), 12–17.

Salimah, N. (2020). Dampak Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Padang.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Santrock, J.W.(2012). Life Span Developement. Jakarta: Erlangga.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Pendidikan Agama Kristen, I, 189–212.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Sari, I. N. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Ratu 6 Lampung Timur. Universitas Lampung. Universitas Lampung.

Setianingsih, A. (2018). Game Online dan Efek Problematikanya Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Jurnal, 1–97. http://repository.radenintan.ac.id/3271/1/SKRIPSI.pdf

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 01(01), 28–38. http://www.portaluniversitasquality.ac.id5388ojssystemindex.phpcurerearticleview2022

Suryabrata dan Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rajawali.

Susanti, R. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Dengan Tingkat Konsentrasi Siswa Kelas XII SMA Al-Kautsar Kota Batam Tahun 2018. Zona Psikologi, 01, 01.

Syahran, R. (2015). Perilaku Yang Ditimbulkan Dari Kecanduan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537

Theresia, E., Setiawati, O. R., dan Sudiadnyani, N. P. (2019). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Di Kota Bandar Lampung Tahun 2019. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.36269/psyche.v1i2.103

Triatmojo,D.W. (2019). Kontribusi Perilaku Game Online Terhadap Motivasi Belajar siswa SMA. 7(4), 527–538.

Oktavian, N., Nurhidayat, S., & Nasriati, R. (2019). Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa Pengaruh Durasi Bermain Terhadapt Adiksi Game Online Pada Remaja. Pengetahuan Orang Tua Tentang Jajanan Sehat Pada Anak, 3, 11–24.

Ulfa, M., & Risdayati, R. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan Hr.subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–13. https://www.neliti.com/id/publications/119938/pengaruh-kecanduan-game-online-terhadap-perilaku-remaja-di-mabes-game-center-jal

Uno. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta:Bumi Aksara.

WHO. (2019). World Health Organization | International Classification of Diseases, 11th Revision (ICD-11). WHO.

Wiguna, R. I., Menap, H., Alandari, D.A, Asmawariza,L. H. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun the Relationship of Addiction Playing Online Games With Learning Motivation in Children Age 10-12 Years. 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i2.5701

Article Metrics

Abstract - 1020 Ahmad_PDF - 2274

DOI (Ahmad_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i2.5701.g2939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118