Kecemasan terhadap Kejadian Insomnia Pada Lansia Di Masyarakat Desa Lebak Wangi

Eni Nuraeni, Kartini Kartini, Azizah Nur

Abstract


Insomnia inisial merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang didefinisikan sebagai kesulitan untuk mengawali atau memulai tidur. Seseorang yang mengalami insomnia inisial dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kecemasan, hal ini ditandai dengan adanya ketakutan dengan sesuatu yang belum tentu terjadi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa yang menyebabkan individu mengalami ketidakmampuan untuk memulai tidur salah satunya ialah memikirkan hal yang tidak jelas saat memulai tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan kecemasan dengan insomnia inisial pada lansia di masyarakat Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur. Desain penelitian yang digunakan yaitu analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Data yang digunakan adalah kuesioner yang sesuai dengan variabel terkait. Sampel yang diambil berjumlah 50 lansia dari keseluruhan populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 48,0% mengalami kecemasan sedang, sedangkan 52,0% mengalami kecemasan berat, dan yang mengalami insomnia inisial 52,0%, sedangkan yang tidak insomnia inisial 48,0%. Kesimpulan dengan uji statistik didapatkan nilai p value 0,01 dengan nilai signifikan p< α (0,05) yang artinya terdapat hubungan kecemasan dengan insomnia inisial pada lansia di masyarakat Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur. Diharapkan kepada petugas kesehatan setempat atau kader dapat mengatasi gangguan tidur yang dialami oleh lansia.

Kata Kunci: Insomnia Inisial, Kecemasan, Lansia


Full Text:

Nuraeni_PDF

References


Dariah, D. E. dan Okatiranti. 2015. Hubungan Kecemasan dengan Kualitas Tidur Lansia di Posbindu Anyelir Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Keperawatan Vol. 3 No.2.

Darmojo. 2014. Buku Ajar Geriatri Ilmu Kesehatan Usia Lanjut, Penerbit FKUI. Jakarta.

Dharma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan, Penerbit buku Kesehatan. Jakarta.

Hatmanti, M. N. dan M. Likha. 2019. Hubungan Tingkat Depresi dengan Kejadian Insomnia pada Lanjut Usia di Griya Werdha Jambangan Surabaya. Journal Health of Science Vol. 12 No. 1.

Kemenkes. 2014. Infodatin Lansia Pertumbuhan Penduduk Lansia. www.depkes.go.id. 23 maret 2019 (10:15).

Milkhatun. 2017. Hubungan antara Depresi dengan Insomnia pada Lansia di Uptd Panti Sosial Tresna Werd ha Nirwana Puri Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 5 No. 1.

Novianti, I. dan N. Pepin. 2015. Hubungan Stres dengan Insomnia pada Lansia di Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Keperawatan Vol. 4 No. 3.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional, Edisi 4. Salemba Medika. Jakarta.

Vikhanti, A. A. dan A. I. Gusti. 2016. Angka Kejadian Gangguan Cemas dan Insomnia pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Wana Seraya Denpasar Bali. E-Jurnal Medika Vol. 5 No. 9.

Wahyuningrum, T., et.al. 2015. Hubungan Tingkat Depresi dengan Gangguan Tidur pada Lansia di Upt Panti Werdha Mojopahit Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 4 No. 1.

Witriya, C., et.al. 2016. Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Pola Tidur Lansia di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News Vol.1 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i2.5732

Article Metrics

Abstract - 591 Nuraeni_PDF - 491

DOI (Nuraeni_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i2.5732.g2962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118