Studi Deskriptif Kualitatif tentang Dampak Kuliah Daring bagi Mahasiswa Keperawatan

Angelina Roida Eka, Heribertus Handi, Bonavantura Nggarang, Yohanes Jakri, Theofilus Acai Ndorang

Abstract


Penyebaran COVID-19 yang tinggi menyebabkan kebijakan dilakukan kelas daring bagi mahasiswa di selurun Indonesia termasuk di Manggarai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa keperawatan dalam melakukan kuliah daring. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan focused grop discussion terhadap 32 orang mahasiswa yang dibagi dalam 4 kelompok selama 55 menit setiap kelompok. Analisa penelitian adalah analisa tematik dengan menggunakan aplikasi Atlas-ti. Hasil penelitian ini mengungkapkan 3 tema yaitu (1) dampak negative kuliah daring yaitu motivasi kurang, perasaan negatif, dan masalah kesehatan fisik, (2) dampak positif kuliah daring yaitu menambah wawasan tentang teknologi, mengurangi penyebaran COVID-19, dan memiliki waktu luang lebih banyak (3) Kuliah tatap muka lebih baik dari kuliah daring. Hasil penelitian ini menunjukkan perkuliahan daring memiliki dampak postif maupun negative yang mempengaruhi mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa meski memiliki kelebihan, mahasiswa memilih untuk melakukan kuliah secara tatap muka terutama karena kuliah tatap muka lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan asuhan keperawatan.

Key word: Kuliah Daring, Dampak kuliah daring, Pandemik COVID-19, Dampak positif Kuliah Daring, Dampak Negatif Kuliah Daring


Full Text:

Eka.PDF

References


of Medical Sciences, 9, 203–210. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7183

Desak Made Rai Ningsih. (2020). Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, 21(2), 104–110. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.840.2020

Gopal, R., Singh, V., & Aggarwal, A. (2021). Impact of online classes on the satisfaction and performance of students during the pandemic period of COVID 19. Education and Information Technologies, 26(6), 6923–6947. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10523-1

Gultom, C. R., & Sitanggang, S. G. (2020). Persepsi Mahasiswa Unika Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3, 6–15. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.771

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19

Kusnayat, A., Hifzul Muiz, M., Sumarni, N., Salim Mansyur, A., & Yuliati Zaqiah, Q. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran , 1(2), 153–165.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Muthmainnah, M., & Ananda, Y. (2021). Studi Fenomenologi: Pengalaman Mahasiswa Keperawatan Tentang Pembelajaran Daring dalam Situasi Penyakit COVID-19 Tahun 2020. Jik (Jurnal Ilmu Kesehatan …, 5(1), 33–38. http://jik.stikesalifah.ac.id/index.php/jurnalkes/article/view/357

Oducado, R. M. F., & Estoque, H. (2021). Online Learning in Nursing Education During the COVID-19 Pandemic: Stress, Satisfaction, and Academic Performance. Journal Of Nursing Practice, 4(2), 143–153. https://doi.org/10.30994/jnp.v4i2.128

Raesi, R., Shaye, Z. A., Saghari, S., Sheikh Beig Goharrizi, M. A., Raei, M., & Hushmandi, K. (2021). The impact of education through nurse-led telephone follow-up (telenursing) on the quality of life of COVID-19 patients. Journal of the Egyptian Public Health Association, 96(1). https://doi.org/10.1186/s42506-021-00093-y

Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Firza Ismi Tsabita, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), 219. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151

Salim, J., Tandy, S., Arnindita, J. N., Wibisono, J. J., Haryanto, M. R., & Wibisono, M. G. (2022). Zoom fatigue and its risk factors in online learning during the COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 13–19. https://doi.org/10.13181/mji.oa.225703

Simarmata, H. M. P., & Simarmata, P. P. (2020). Tantangan Penerapan Sistem Belajar Online Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemik Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 3(1), 277. https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i1.130

Situmorang, R. P. (2021). Pengalaman Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 12(1), 80. https://doi.org/10.32382/jmk.v12i1.2119

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Online Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau Dimasa Pandemik Covid 19. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 3(1), 24–32.

Susilo, J. D. (2006). Perkembangan Religiositas Remaja Akhir. Insan, 8(1).

Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138

Viner, R. M., Russell, S. J., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., Mytton, O., Bonell, C., & Booy, R. (2020). School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19 : a rapid systematic review. The Lancet Child and Adolescent Health, 4(5), 397–404. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30095-X

Worldmeter. (2022). Coronavirus cases. Worldmeter. https://doi.org/10.26439/iusetpraxis2020.n50-51.5049




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6835

Article Metrics

Abstract - 498 Eka.PDF - 418

DOI (Eka.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6835.g3578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118